Raimel Jesaja Dipromosikan Jabat Wakil Kajati Sulawesi Utara

Raimel Jesaja SH MH dipromosikan menjabat Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulawesi Utara (Sulut). Foto mas Tete/TN.

Jakarta, TN – Jaksa Agung RI, Dr Sanitiar Burhanuddin SH MH, mempromosikan jaksa Raimel Jesaja SH MH menjadi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sulawesi Utara (Sulut) di Manado.

Promosi Raimel Jesaja, yang saat ini masih menjabat Koordinator pada Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung itu, tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Jaksa Agung Burhanuddin Nomor 83 tahun 2020 tertanggal 04 Mei 2020.

Selanjutnya Raimel Jesaja akan menggantikan Dita Prawitaningsih yang dimutasi sebagai Wakajati Jawa Tengah di Semarang.

“Ini adalah amanah dan kepercayaan dari pimpinan yang tentunya akan saya pegang teguh dan laksanakan tugas dengan sebaik-baik serta penuh tanggung jawab,” ujar Raimel Jesaja.

Karir Raimel Jesaja mulai moncer saat Dia dipercaya sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Selatan berdasarkan SK Jaksa Agung HM Prasetyo Nomor: Kep-018/A/JA/01/2017.

Raimel yang pada saat itu menjabat sebagai Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara, mendapat promosi sebagai Kajari Jaksel menggantikan Sarjono Turin yang juga mendapat promosi sebagai Aspidsus Kejati DKI Jakarta.

Usai dilantik sebagai Kajari Jaksel, Raimel pun langsung tancap gas melakukan pembenahan internal‎ dan eksternal. Dia menggenjot kinerja para jaksa dan staf di Kejari Jaksel, baik dalam penanganan perkara maupun dalam hal administrasinya.

“Tetapi harus diingat bahwa meningkatkan kinerja dan memacu kinerja harus seiring. Dalam pengertian yang sudah bagus ditingkatkan. Mana yang kurang, sekalipun kecil, tetap harus diperbaiki,” ujar Raimel dalam suatu kesempatan berbincang-bincang dengan wartawan.

Saat memimpin Kejari Jaksel, Raimel terjun langsung melakukan pembenahan internal dan pembinaan serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kejari Jaksel.

Tak jarang Raimel menemui langsung para staf dan jaksa di ruang kerjanya untuk berdialog dan berkomunikasi tentang hambatan dan kemajuan terkait tugas, pokok dan fungsinya masing-masing sebagai aparat penegak hukum.

“Ini merupakan salah satu langkah membangun spirit kebersamaan untuk kemajuan Kejari Jaksel,” kata pria yang selalu berpenampilan necis ini.

Raimel pula yang mempelopori pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Kejari Jakarta Selatan.

Terkait dengan program itu, Raimel Jesaja pada 21 Agustus 2018 mengajak seluruh jajaran Kejari Jaksel menandatangani Pakta Integritas mewujudkan zona integritas menuju WBK dan WBBM.

“Penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan wujud keseriusan seluruh elemen Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan untuk mewujudkan pelayanan publik yang terbaik,” ujar Raimel ketika itu.

Kerja keras dan tekad yang kuat Raimel dan jajaran Kejari Jaksel itu ternyata membuahkan hasil. Tahun 2019, Raimel mendapat penghargaan sebagai pelopor yang membawa Kejari Jaksel mendapatkan predikat WBK dan WBBM dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Atas prestasi dan kinerjanya selama 18 bulan memimpin Kejari Jaksel, maka pada 14 September 2018 Raimel mendapat promosi sebagai Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Jaksa Agung HM Prasetyo Nomor : Kep-158/A/JA/09/2019 tertanggal 14 September 2018.

Sebagai Aspidsus Kejati Sumsel, Raimel Jesaja kembali menunjukkan kinerjanya. Salah satunya, Dia berhasil mengembalikan kerugian Negara sebesar Rp 5,3 miliar dari kasus dugaan korupsi pekerjaan jalan akses Bandara Atung Bungsu Kota Pagar Alam tahun anggaran 2013.

Tak sampai setahun bertugas di Kejati Sumsel, Raimel mendapat promosi sebagai Koordinator pada satuan kerja Jampidum Kejaksaan Agung. Dan kini pada tahun 2020 kembali Raimel mendapat promosi sebagai Wakajati Sulut.

“Saya selalu bersyukur dan siap ditugaskan dimanapun sesuai dengan perintah dan amanat pimpinan,” ucap Raimel Jesaja.