PT. IKI Siap Dukung Program Pemprov Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menerima Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Persero, Diana Rosa, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin (10/8). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Persero, Diana Rosa menyatakan, pihaknga siap mendukung program Pemerintah Sulawesi Selatan (Sulsel), termasuk membuat 20 kapal fiber untuk nelayan-nelayan di pulau.

“PT IKI senantiasa terus mendukung program-program Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, khususnya pada kesejahteraan nelayan dengan membuat 20 kapal fiber, mengingat Sulsel mempunyai banyak pulau yang perlu terus didukung,” katanya kepada wartawan, di Makassar, Selasa (11/8).

Ia menyebutkan tugas khusus ini akan mulai dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang. “Tugas khusus dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah untuk membuat 20 unit kapal fiber akan mulai dilakukan pada tahun 2021, untuk nelayan-nelayan di pulau. Dan secara umum untuk kesejahteraan rakyat di Sulsel,” ujar dia.

Diana lebih jauh mengatakan, kapal fiber sangat baik digunakan nelayan di daerah kepulauan, lantaran ringan, cepat, serta pembuatannya tidak lama.

“Pemprov dan PT IKI sepakat untuk membangun kapal dari fiber karena banyak pertimbangan, termasuk kecepatan, ringan dan tingkat kesulitan pembuatan lebih cepat. Sehingga dari pulau ke Makassar itu, mungkin diharapkan sehari dia pulang dan ikan-ikan yang ditangkap itu tetap segar. Dan cost-nya juga akan lebih murah,”, jelasnya.

Ia menambahkan pada pertemuan antara pihaknya bersama Gubernur Nurdin Abdullah, juga membahas proyek satu sistem terintegrasi untuk para nelayan di 330 pulau di Sulsel.

“Proyek satu sistem terintegrasi Gubernur Sulsel ini adalah nelayan hanya fokus untuk mencari ikan. Nanti masalah pelelangan, dan masalah proses ekspornya seperti apa? Itu fokus pemprov yang akan membuatkan sistemnya,” tandas dia.