infografis Pandemik C-19 Papua. (Foto:ist/TN)

Jayapura, TN – Angka positif pandemi Covid-19 di provinsi Papua kembali bertambah. Hari ini terdapat 6 kasus dari Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

“Hari ini kita ada tambahan 6 kasus baru positif covid, 4 dari kabupaten Jayapura dan 2 dari Kota Jayapura, sehingga total komulatif menjadi 95 kasus,” kata Jubir Satgas Covid-19 Papua, dr. Silwanus Sumule, Sabtu (18/4).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Meski angka positif kian bertambah, namun angka kesembuhan juga semakin meningkat, dengan jumlah kematian selama sepekan tidak mengalami perubahan.

“19 pasien sembuh, sementara tidak ada penambahan jumlah kematian, sehingga kami berharap angka kesembuhan ini akan terus naik, dan tidak ada penambahan pada angka kematian,” katanya.

Ia merincikan, jumlah pasien yang sembuh berasal dari kabupaten Merauke sebanyak 4 orang, Kota Jayapura sebanyak 7 orang, kabupaten Mimika sebanyak 3 orang dan 4 orang dari kabupaten Jayapura.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Terkait tambahan 6 kasus baru yaitu 4 kasus di kabupaten Jayapura dan 2 kasus di kota Jayapura, Sumule menduga penyebaran nya bukan lagi dari klaster luar Papua, seperti dari Gowa dan Lembang, namun berasal dari transmisi lokal.

Ia menyebut, jika di Kabupaten Jayapura terjadi peningkatan kasus, kuat dugaan lantaran penularan lokal. Sehingga menurut Sumule, tak perlu mencari asal clutsernya, namun perlu di lakukan pengawasan yang lebih ketat lagi.

“Satu-satu nya cara agar Pandemi ini cepat berlalu adalah kepedulian masyarakat, selama masyarakat tidak mengikuti protokol yang sudah di sampaikan oleh pemerintah, sehebat apa pun tenaga medis, selengkap apapun peralatan, semua tidak berguna. Semua dikembalikan kepada masyarakat, perduli diri, tetap di rumah, gunakan masker, hindari kerumunan, hindari kontak langsung dengan orang di luar rumah, jaga kebersihan, rajin cuci tangan dan tetap berdoa,” jelasnya.

Berita lain untuk anda

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

2 Pemotor Terlibat Kecelakaan Maut Di KM. 12 Masuk, Satu Orang Tewas Seketika

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Seorang pengendara sepeda motor berinisial FT (60), tewas…