Berita

Penumpang Yang Tiba di Pelabuhan Kaimana Akan Diperiksa

×

Penumpang Yang Tiba di Pelabuhan Kaimana Akan Diperiksa

Sebarkan artikel ini

Kaimana, TN – Tim Satgas Covid-19 akan melakukan pemeriksaan kepada para penumpang kapal laut yang akan tiba di Pelabuhan Kaimana pada Rabu (25/3). Informasinya, ada dua kapal yang akan tiba, yakni KM Tidar dari Makassar dan mengangkut penumpang sebanyak 250 orang, dan KM Sabuk Nusantara 75 dari Kabupaten Fakfak.

1350
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Juru Bicara Satgas Covid 19 Kabupaten Kaimana, dr. Alberth Kapitarauw, Sp.B dalam keterangan persnya kepada sejumlah wartawan menjelaskan, dua kapal yang akan masuk di Pelabuhan Kaimana, proses pemeriksaan para penumpang akan tetap dilakukan oleh Tim Satgas Covid -19.

“Kita akan tetap melakukan pemeriksaan menggunakan thermal scanner, sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid 19 di Kaimana. Dan dipastikan, upaya pencegahan tersebut akan dipimpin langsung Ketua Satgas Covid 19 Kabupaten Kaimana,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, para penumpang yang suhunya di atas normal, akan dievakuasi ke RSUD Kaimana untuk penanganan lebih lanjut.

“Untuk proses penanganan jika ditemukan penumpang dengan suhu di atas normal dan dari daerah/zona yang terinfeksi, àkan diarahkan ke puskesmas terdekat. Jika tidak ada indikasi, bisa dipulangkan dengan himbauan untuk isolasikan diri selama 14 hari,” ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, jika membutuhkan perawatan di rumah sakit, maka akan dirujuk ke RSUD Kaimana, dan jika indikasinya hanya observasi, maka akan dilakukan observasi.

Sementara itu, Kepala Pelni Cabang Kaimana, Budi Wibowo, yang juga berhasil dikonfirmasi melalui saluran telepon selulernya, Selasa (24/3) malam membenarkan, ada dua kapal yang akan bersandar di Pelabuhan Kaimana.

“Sesuai dengan petunjuk teknis penanganan Covid-19 di setiap pelabuhan, seluruh penumpang yang akan turun dari kapal, satu per satu akan diperiksa menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh. Protapnya kita sesuaikan dengan apa yang sudah ada dalam juknis tersebut,” tandasnya.