Penyerahan dokumen pencalonan dan dokumen calon pasangan calon Romanus-Riduwan (Romarin) kepada KPUD Kabupaten Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – KPUD Kabupaten Merauke telah membuka pendaftaran bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke tahun 2020, di Halaman Kantor KPU, Jumat (4/9).

Berdasarkan jadwalnya, pendaftaran akan berlangsung tiga hari, yakni tanggal 4-6 September. Yang mendapat kesempatan pertama untuk mendaftar, adalah pasangan Romanus Mbaraka dan Hj. Riduawan (Romarin).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tepat jam 09.00 Wit, pasangan Romarin tiba di halaman Kantor KPU Merauke beserta partai pengusung, LO dan bendahara dengan mengikuti proses dan protokol kesehatan. Disambut oleh Ketua KPUD Kabupaten Merauke, Theresia Mahuze dan Anggota Komisioner KPU lainnya dan Bawaslu Merauke.

Dilanjutkan dengan pernyataan pencabutan skors tahapan pendaftaran, selanjutnya masuk tahap verifikasi, namun sebelumnya dilakukan mengecekan kehadiran pasangan calon, partai pengusung, ketua dan sekertaris dari partai pengusung.

“Tahapan pendaftaran bakal paslon, berdasarkan peraturan KPU nomor 5 tahun 2020, bahwa pendaftaran dilaksanakan selama tiga hari, 4-6 September. Secara teknis, berjalan sama seperti sebelumnya, yang membendakan adalah protokol kesehatan,” ungkap Theresia dalam arahannya.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Ketua KPU menegaskan, dari hasil verifikasi akan dilihat apakah diterima dan jika diterima akan diterbitakan suarat pengantar pemeriksaan kesehatan. Jika masih ada dokumen yang kurang maka seluruh dokumen akan dikembalikan dan dilakukan perbaikan selama masa pendaftaran dalam kurun waktu tiga hari dalam masa pendaftaran.

Usai arahan dilanjutkan dengan verifikasi persyaratan pencalonan dan syarat calon oleh tim verifikasi dari KPU dan diawasi oleh Bawaslu Merauke. Selang beberapa jam kemudian proses verifikasi dokumen syarat pencalonan dan syarat calon selesai dilakukan, dilanjut dengan penyampaian hasil oleh Ketua KPU.

“Dokumen persyaratan pencalonan dari pasangan Romanus dan Riduwan untuk kelengkapan dinyatakan lengkap, keabsahan memenuhi syarat. Dokumen persyaratan calon untuk kelengkapan dinyatakan lengkap. Berdasarkan hasil penelitian sebagaimana disebutkan di atas, pendaftaran bakal pasangan calon Romanus-Riduwan diterima,” ucap Ketua KPU Merauke.

Kemudian, pendadatanganan tanda terima oleh ketua, LO dari bakal calon. Selanjutnya berita acara diserahkan kepada Bawaslu, dan bakal pasangan calon. Romanus Mbaraka kesempatan yang sama menyampaikan terimakasih karena semua proses pendaftaran berjalan baik dan lolos verifikasi.

“Mari kita sayang negeri ini terutama orang Asli Papua, mari kamu dukung kita anak negeri ini,” tandasnya.

Dihari yang sama tepat jam 03.00 wit peserta pendaftaran kedua yakni pasangan bakal calon bupati dan wakil dari Heribertus Silubun dan Bambang Setjiadi (HEBAT).

Berita lain untuk anda

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

2 Pemotor Terlibat Kecelakaan Maut Di KM. 12 Masuk, Satu Orang Tewas Seketika

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Seorang pengendara sepeda motor berinisial FT (60), tewas…