Pemkot Siapkan Takjil Gratis Bagi Warga Kurang Mampu

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Foto-Ist/TN

Ambon, TN – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan menyiapkan hidangan buka puasa, atau takjil secara gratis, bagi warga Kota Ambon yang dianggap kurang mampu, selama bulan suci Ramadhan.

Hal ini juga bertujuan agar masyarakat patuh pada anjuran pemerintah, untuk tidak berkerumun. Karena biasanya, warga akan berdesak-desakan untuk membeli takjil, sehingga ditakutkan akan terjadi penyebaran Covid-19.

“Kami sudah putuskan, bahwa selama bulan Suci Ramadhan, takjil akan kami berikan secara gratis kepada warga yang membutuhkan, baik di desa-desa maupun kelurahan-kelurahan yang mayoritas penduduknya beragama Muslim. Ini juga bagian dari penanganan Covid-19 di kota ini,” kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy kepada wartawan, via seluler, Kamis (23/4) pagi.

Mekanisme pembuatan takjil gratis itu, kata Wali Kota, akan dikoordinasikan dengan perangkat desa, kelurahan dan pemerintah negeri setempat.

“Dari hari pertama puasa sampai hari terakhir, takjil atau makanan buka puasa akan pemerintah siapkan secara gratis. Pimpinan pada tingkat desa bisa melakukan koordinasi untuk pemberdayaan masyarakat,” terangnya.

Pemberdayaan dimaksud adalah, dengan melibatkan ibu-ibu pengajian atau kelompok masyarakat lain di desa bersangkutan, untuk penyediaan takjil tersebut. Takjil itu kemudian dibeli pemerintah untuk dibagikan ke masyarakat setempat.

“Jadi, ada beberapa manfaat dari kegiatan ini, selain membantu warga kurang mampu, juga bagian dari pemberdayaan ekonomi masyarakat selama Ramadhan di masa Pandemi Covid-19 ini,” tandas Wali Kota.