LAZISNU Kabupaten Sorong Serahkan Donasi Guru Kontrak ke Korban Banjir Kota Sorong

Ketua LAZISNU Kabupaten Sorong, Parluji S.Pd, M.Pd, menyerahkan bantuan kepada orangtua Abdiansyah, bayi berusia enam bulan yang meninggal dunia saat terjadi banjir. Bantuan dari para guru kontrak ini, diserahkan di rumah duka di Jl Nuri Kelurahan Remu Utara, Minggu (26/7/2020). (Foto:Tantowi/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (NU Care-LAZISNU) Kabupaten Sorong, menyerahkan donasi berupa bahan makanan kepada korban banjir di Kota Sorong, Minggu (26/7/2020).

Selain kepada warga, donasi yang merupakan amanah dari para guru kontrak di Kabupaten Sorong ini, juga dibantukan kepada dua keluarga korban meninggal dunia saat terjadi banjir pada Jumat, 24 Juli 2020.

LAZISNU adalah lembaga resmi dibawah naungan organisasi Nahdlatul Ulama yang menangani pengeloalaan zakat, infaq dan shodaqah, mulai dari kegiatan perencanaan, pengumpulan, pengelolaan hingga pendistribusian.

Pendistribusian paket bahan makanan donasi dari guru kontrak ini, dilakukan oleh Ketua LAZISNU Kabupaten Sorong, Parluji S.Pd M.Pd bersama Sekretaris LAZISNU Tantowi Djauhari serta pengurus Bidang Pendistribusian, Aris Firmansyah.

Disampaikan Parluji, Ketua LAZISNU Kabupaten Sorong, donasi itu berasal dari para guru kontrak yang tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Sorong. Pengumpulan donasi di koordinir oleh Kasdin, salah seorang guru kontrak.

Perwakilan guru kontrak di Kabupaten Sorong saat menyerahkan donasi korban banjir Kota Sorong, melalui LAZISNU. Bantuan bahan makanan ini di terima Sekretaris PCNU Kabupaten Sorong, Hery Widyaprasetya.

Tujuan pertama adalah Agus Triyanto dan Hasni, kedua orangtua dari almarhum Nanda Abyan Abiyyu Abqori yang tinggal di JL Teratai I RT 06 RW 07 Kelurahan Klawuyuk Distrik SorongTimur.

Almarhum Nanda meninggal dunia pada Sabtu (25/7/2020) setelah terpeleset di saluran air di kompleks rumahnya. Saluran air setinggi 1,5 meter dan lebar sekitar 1 meter ini, berfungsi menampung air pembuangan dari rumah warga, dan dialirkan menuju sungai besar yang ada di komplek itu.

Hingga Minggu (26/7/2020) saat penyerahan donasi oleh LAZISNU kepada orangtua korban, jenazah almarhum masih belum di temukan. Warga sekitar terus melakukan pencarian di pintu air yang menjadi ujung dari saluran drainase dari perumahan warga.

Orangtua korban meninggal saat banjir terjadi yang juga mendapat bantuan bahan makanan, adalah Sahrul dan Siti Nuraini, orangtua Abdiansyah, bayi laki-laki berusia 6 bulan yang tinggal di Jalan Nuri Kelurahan Remu Utara Kota Sorong.

Abdiansyah diketahui meninggal dunia pada Sabtu (25/7/2020) sekitar pukul 08.00 pagi oleh kakaknya. Menurut Siti Nuraini, tidak ada riwayat sakit kronis yang di derita anak bungsunya dari delapan bersaudara itu.

“Menjelang subuh itu masih di gendong bapaknya, dikasih minum susu. Lalu dia tidur lagi bersama kakak-kakaknya di lantai dua. Dan kami semua juga tertidur sampai pagi di tempat yang sama,” kata Siti Nuraini.

Sementara bantuan bahan makanan kepada warga korban banjir, diserahkan pengurus LAZISNU Kabupaten di RT 02 RW 04 komplek Perumahan BPD Trikarya Permai, kilometer 10 kios kelurahan Matalamagi Distrik Sorong Utara.

Di kawasan yang juga berada di bantaran sungai ini, air bercampur lumpur masuk ke dalam rumah-rumah penduduk hingga ketinggian 50 sentimeter.

“Kami sampaikan terima kasih kepada para guru kontrak di Kabupaten Sorong, yang peduli kepada kami korban banjir dengan memberikan bantuan sembako melalui pengurus LAZISNU,” kata Saikhu, Ketua RT 02. **