Berita

Kelurahan Pal Putih Raih Predikat Terbersih Di Kota Sorong

×

Kelurahan Pal Putih Raih Predikat Terbersih Di Kota Sorong

Sebarkan artikel ini

Sorong,TN – Kelurahan Pal Putih, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong meraih predikat sebagai kelurahan terbersih. Pemberian predikat kelurahan terbersih tersebut dilakukan jajaran Pemerintah Kota Sorong dalam rangka memperingari HUT Kota Sorong Ke-20 dalam perlombaan kelurahan terbersih se-Kota Sorong.

Dalam penilaian tersebut, Kelurahan Pal Putih mendapat nilai 505,1 , sementara juara 2 yaitu Kelurahan Klasabi mendapat nilai 502,2 dan juara 3 oleh kelurahan Remu Selatan dengan nilai 503.

Juara lomba kelurahan terbersih itu diumukan langsung oleh kepala dinas lingkungan hidup, Julian Kelly Kambu usai pelaksanaan upacara HUT Kota Sorong ke-20 di halaman apel kantor Walikota Sorong, Jumat (28/02).

Adapun yang mendapat Juara harapan 3 yaitu kelurahan Doom timur dengan nilai 490,5 , juara harapan 2 kelurahan klakublik dengan nilai 494,5 , dan Juara harapan 1 kelurahan Klasaman dengan nilai 498,7

Pantauan media ini, para pemenang lomba diberikan hadiah berupa piagam, mesin babat, tong sampah, dan uang pembinaan.

4961
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Lurah Pal Putih Nikolas Leatemia, mengatakan bahwa setiap hari jumat kelurahan Pal Putih mempunyai program rutin yaitu melakukan kerja bakti bersama RT/RW , Koramil Sorong Barat dan pemuda setempat untuk membersihkan drainase termasuk dengan membabat rumput.

“Kami membuat suatu Inovasi yaitu dengan membuat tempat sampah yang berdekatan dengan taman Pal Putih dan itu sudah menjadi viral. Hal itu tentunya membuat kelurahan-keluarahan terinspirasi untuk terus meningkatkan kebersihan lingkungan, agar kota Sorong menjadi kota yang bersih dan menghilangkan predikat yang selama ini kurang baik di tengah masyarakat,”ujar Kepala Kelurahan Pal Putih,

Dikatakan Nikolas, sejak ia dilantik menjadi kepala kelurahan , pihaknya terus membuat program kebersihan seperti membenahi tempat pembuangan tempat sampah, sehingga kelurahan Pal Putih terlihat bersih, indah, dan nyaman.

“Kita membenahi tempat sampah di keluharan Pal Putih sehingga masyarakat bisa membuang sampah di bak penampungan sampah. Kami juga  membut jam pembuangan sampah dari sore pukul 18.00 WIT sampai jam 06.00 WIt dan nantinya akan diangkut mobil pengangkut sampah,”terangnya

Selain diperuntukkan bagi warga kelurahan Pal Putih, diketahui tempat pembuangan sampah tersebut juga melayani 4 kelurahan, yakni Kelurahan Rufei, Kelurahan Klawasi Kelurahan tampa garam, dan Kelurahan Klasuur