Berita

Forum Peduli Rakyat Buat Aksi Cegah Covid-19, Semprot Disinfektan ke Rumah Penduduk

×

Forum Peduli Rakyat Buat Aksi Cegah Covid-19, Semprot Disinfektan ke Rumah Penduduk

Sebarkan artikel ini

Aimas, TN – Tidak ingin wilayahnya terpapar penyebaran virus Corona, Forum Peduli Rakyat (FPR) Kabupaten Sorong berinisiatif melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke rumah-rumah penduduk.

1461
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Aksi yang berlangsung sejak Kamis (26/3/2020) lalu, dimulai dengan menyasar rumah penduduk di komplek Jl Mangga RT 04 RW 01 dan RT 05 RW 01 Kelurahan Malawili Distrik Aimas.

“Untuk hari ini, kami melakukan penyemprotan di Jl Tomat di Kelurahan Malawele,” kata Sunaryo, Ketua FPR Kabupaten Sorong, Jumat (27/2/2020).

Sesuai dengan kemampuannya, FPR akan melakukan aksi penyemprotan disinfektan ke rumah warga yang bisa dijangkau, mengingat jumlah personil dan peralatan serta bahan baku yang terbatas.

Untuk tahap awal, pasukan FPR sengaja mengambil komplek yang berdekatan dengan kawasan yang menjadi tempat berkumpul masyarakat (public area), seperti alun-alun dan kantor polisi.

Alasannya, di tempat-tempat tersebut banyak dikunjungi masyarakat dari luar Aimas, sehingga potensi interaksi dengan warga komplek lebih tinggi.

“Setelah daerah yang di sekitar public area tuntas, kita bergeser ke wilayah lain,” kata Sunaryo.

Agar tidak terjadi overlap dengan kelompok lain yang juga melakukan penyemprotan, FPR melalukan koordinasi dengan mereka untuk memetakan area penyemprotan dengan berbagi wilayah.

Sarmaji, Ketua RT 04 RW 01 Kelurahan Malawili Distrik Aimas, mengapresiasi langkah yang diambil FPR dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

“Apalagi dengan menyemprot disinfektan ke rumah-rumah penduduk, saya sebagai wakil dari warga, sangat berterima kasih atas apa yang sudah dilakukan rekan-rekan FPR,” tandas Sarmaji.

Kepala Distrik Aimas, Yuri S.Sos (kanan), bersama dengan Ketua FPR Kabupaten Sorong, Sunaryo, memantau langsung aksi penyemprotan disinfektan di rumah penduduk.

Pernyataan senada juga disampaikan Yuri S.Sos, Kepala Distrik Aimas yang ikut langsung memantau jalannya penyemprotan disinfektan ke rumah penduduk di wilayahnya. Kata Yuri, apa yang dilakukan FPR ini patut di contoh oleh kelompok ormas lain, agar sama-sama bersinergi membantu pemerintah dalam pencegah penyebaran Covid-19.

“Saya akan carikan bantuan untuk pengadaan bahan-bahan pembuatan cairan disinfektan. Inilah bentuk sinergi antara masyarakat dengan pemerintah,” pungkas Yuri. **