Ternate, TN – Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Ternate, M. Saiful Arsyad membantah kabar yang beredar terkait rapat Forkompimda awal pekan kemarin, untuk membahas penyiapan lahan kuburan.

Arsyad menegaskan, rapat Wali Kota Ternate bersama Forkopimda yang dilaksanakan Senin, 23 Maret kemarin, bukan untuk membahas penyiapan lahan kuburan.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Rapat tersebut dilakukan untuk mengevaluasi langkah penanganan yang sudah dilakukan, dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Ternate, sekaligus menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan.

“Soal wacana penyiapan lahan kuburan itu disampaikan oleh pj. Sekda dipenghujung rapat tersebut, sebagai bagian yang harus dipikirkan apabila terjadi hal yang buruk. Akan tetapi, tidak ditanggapi secara serius,” kata Saiful kepada wartawan, di Ternate, Kamis (26/3).

Menurutnya, hal yang lebih serius yang dibahas dalam rapat tersebut antara lain, bagaimana memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi secara aktif dalam mendukung upaya pencegahan virus Corona, melalui social distancing.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Dan disepakati dilakukan himbauan melalui Lurah, Babinsa dan Bhabinkantibmas yang ada di setiap Kelurahan. Selain itu, memperketat dan meningkatkan pemeriksaan kesehatan di setiap pintu masuk baik udara maupun laut, penyiapan wadah cuci tangan dan penyemprotan disinfektan di tempat-tampat umum, serta menghimbau dunia usaha terutama perbankan untuk selalu melakukan strelisasi mesin ATM yang dimiliki, serta menyiapkan wadah cuci tangan dan hand sanitizer,” terang Saiful.

Disamping itu, juga dibahas terkait ketersediaan bahan pokok kebutuhan masyarakat sehingga tetap terpenuhi. “Soal ini langsung ditindak lanjuti dengan melakukan sidak pada sejumlah pusat perbelanjaan dan Bulog,” jelasnya.

Setelah rapat tersebut dilanjutkan dengan rapat bersama para lurah, Danramil, Kapolsek, Babinsa dan Bhabinkantibmas, untuk menindaklanjuti pelaksanaan sosialisasi di masyarakat.

“Sejauh ini sosialisasi sudah dilakukan di kelurahan masing-masing melalui himbauan di masjid-masjid, dan dengan berkeliling di setiap RW/RT,” katanya.

Dia mengaku, dalam beberapa hari ini Tim Gugus Kota Ternate bersama Satpol PP, Damkar dan instansi terkait melakukan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan permukiman sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pemerintah Kota Ternate berharap, agar seluruh masyarakat ikut berpartisipasi bersatu padu mendukung langkah pencegahan virus Corona, dengan mentaati himbauan pemerintah yang sudah dikeluarkan terutama tidak berada diluar rumah, kecuali urusan yang sangat penting.

“Menghindari kerumunan, dan jaga jarak berkomunikasi serta dilarang melakukan pesta atau kegiatan yang menimbulkan kerumunan banyak orang,” ujar Saiful.

Selain itu dihimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya informasi yang tidak jelas sumbernya. “Mari bersatu mencegah penyebaran virus Corona, untuk kepentingan dan kebaikan bersama,” imbaunya.

Berita lain untuk anda

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

2 Pemotor Terlibat Kecelakaan Maut Di KM. 12 Masuk, Satu Orang Tewas Seketika

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Seorang pengendara sepeda motor berinisial FT (60), tewas…