Dengan Metode TCM, Pasien Positif Covid-19 Bisa Diketahui Lebih Cepat

Mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) yang dimiliki Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makassau, Kota Parepare, yang menjadi salah satu tempat pemeriksaan sampel Virus Corona (Covid-19). Foto-Ist/TN

Makassar, TN – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makassau, Kota Parepare, Renny Angraeny Sari mengaku, rumah sakit ini sudah bisa melakukan Tes Cepat Molekuler (TCM), dan hasilnya bisa diketahui lebih cepat, yakni dalam 51-60 menit.

“Untuk satu pemeriksaan membutuhkan waktu sekitar 51 menit, dan satu kali running bisa empat sampel diperiksa,” kata Renny, saat dihubungi wartawan dari Makassar, Selasa (26/5).

Menurut dia, sejak Jumat (15/5) pihaknya telah menerima 60 catridge sebagai tahap awal diperuntukan bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Sejauh ini sebanyak 10 sampel PDP telah diperiksa.

“Rumah Sakit Andi Makkasau sejak hari Jumat kemarin, kami sudah menerima catridge, terus kami melakukan persiapan dan uji coba. Sejak hari Minggu tanggal 17 Mei, kami sudah melakukan pemeriksaan pertama,” ungkap Renny Anggraeni.

Diketahui, dengan metode TCM, pemeriksaan akan menggunakan antigen. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge.

Dari tes ini akan mengidentifikasi RNA pada Virus Corona (Covid-19) pada mesin yang menggunakan cartridge khusus. Hasilnya dapat diketahui untuk menentukan pasien positif maupun negatif.

“Untuk Swab karena kami harus kirim ke Makassar, pengalaman kami sekitar 4-5 hari baru ada hasilnya. Jadi, tunggu hasil itu yang akan lama,” tandas dia.