Braakk…! Rumah Penerima BSPS Ambruk, Puluhan Warga Menjadi Korban

Rumah Mbah Jiwal, warta RT 5 RW 1 Kelurahan Majener Distrik Salawati, yang ambruk menimpa puluhan warga, ketika mau di relokasi, Kamis (17/9/2020). (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SALAWATI – Puluhan orang warga di RT 5 RW 1 Kelurahan Majener Distrik Salawati, menjadi korban dalam musibah ambruknya rumah Mbah Jiwal, seorang warga setempat yang akan di renovasi, Kamis (17/9/2020).

Peristiwa memilukan ini terjadi ketika puluhan warga bergotong rotong untuk memperbaiki rumah papan milik mbah Jiwal, yang menjadi salah satu penerima progam Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Karena lokasinya yang berada di dataran rendah, menyebabkan rumah mbah Jiwal selalu terendam banjir ketika musim hujan.  Dengan adanya program BSPS, rangka rumah itu dinaikkan di atas pondasi baru yang dibangun setinggi sekitar 1 meter.

Puluhan warga bergotong royong memindahkan kerangka rumah milik Mbah Jiwal, sebelum akhirnya ambruk menimpa mereka.

Dari rekaman video amatir yang beredar, pada kamis pagi, puluhan warga bergotong royong untuk mengangkat rangka rumah itu. Ketika baru beberapa detik rangka rumah itu terangkat, brraakkk…  rumah yang tinggal kerangka itu ambruk menimpa puluhan warga yang ada di bawahnya.

Selain menimbulkan luka-luka, puluhan warga mengalami patah tulang dan luka berat di bagian kepala. Seluruh korban kemudian di larikan ke RSUD JP Wanane di kilometer 22 di Aimas.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Sorong, Handri Haji Kadir, menyatakan ikut prihatin dengan peristiwa ini.

“Saya akan pastikan lagi bagaimana kondisinya para korban. Saya akan lihat di rumah sakit,” kata Handri Kadir. **