Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Merauke. Foto-Ist/TN

Merauke, TN – Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBK) pada Faskes Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) merupakan bagian dari pengembangan sistem kendali mutu pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Sehubungan dengan implementasi KBK khususnya di Kabupaten Merauke, BPJS Kesehatan Cabang Merauke melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan Ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya (TKMKB) Kabupaten Merauke, Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Selasa (19/5).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Arelin Lulun Bara, menyampaikan monitoring dan evaluasi implementasi KBK bagi FKTP untuk 4 bulan terakhir berdasarkan indikator yang dijadikan sebagai penilaian capaian.

“Kami melihat masih ada beberapa FKTP yang belum memaksimalkan aplikasi Primary Care (P-Care) ketika memberikan layanan kesehatan kepada peserta dan beberapa kasus masih mendapatkan rujukan ke rumah sakit. Namun sebenarnya masih masuk dalam kompetensi dasar FKTP. Beberapa indikator yang dijadikan sebagai dasar penilaian kinerja yakni angka kontak layanan, rasio rujukan non spesialistik, dan rasio peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) terkendali,” papar Arelin dalam rilis, Rabu (27/5).

Ia mengatakan, untuk memaksimalkan pembayaran kapitasi, sistem KBK mengharuskan setiap FKTP untuk mencapai kinerja maksimal atas indikator yang telah ditetapkan serta memenuhi standar layanan kesehatan sesuai dengan tingkat kompetensi yang dimiliki.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan bahwa dengan sistem KBK yang telah diterapkan di FKTP, diharapkan mampu menciptakan pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan sistem kendali mutu kendali biaya.

“Indikator yang telah ditetapkan untuk penilaian capaian kinerja FKTP harus dipahami dan dikerjakan dengan baik karena akan berpengaruh terhadap perhitungan kapitasi pada sistem aplikasi BPJS Kesehatan. Kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke akan mensosialisasikan hal ini kepada semua FKTP, khususnya memaksimalkn pengantrian pelayanan pada aplikasi P-Care,” ungkap Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Eka.

Berita lain untuk anda

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

2 Pemotor Terlibat Kecelakaan Maut Di KM. 12 Masuk, Satu Orang Tewas Seketika

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Seorang pengendara sepeda motor berinisial FT (60), tewas…