Jayapura, TN – Jumlah pasien positif Covid-19 di Papua, meningkat 100 persen dari 3 orang menjadi 7 orang. Empat pasien baru yang dinyatakan positif tersebut berdasarkan hasil uji Laboratorium Jakarta, Kamis (26/3/2020).

“Hari ini ada penambahan 4 orang postif terinfeksi virus Corona di Papua, sehingga totalnya menjadi 7 orang,” kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) kepada wartawan, Kamis (26/03/2020) malam.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Adapun 4 orang tambahan positif tersebut, menurut dr Sumule kesemuanya berasal dari Kota Jayapura, dengan kondisi sakit ringan dan sedang. Mereka, lanjutnya sedang dalam perawatan di beberapa rumah sakit yang tersebar di Kota Jayapura.

Lebih lanjut dikatakan, per 26 Maret 2020, jumlah jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Papua saat ini berjumlah 38 orang, dimana 28 orang diantaranya telah dinyatakan negatif. Sementara terdapat 820 Orang Dalam Pemantauan (ODP)

“Jadi meski terdapat lonjakan 100 persen untuk pasien positif, namun ada juga 28 sample yang dinyatakan negatif,” kata dokter Sumule.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Untuk selanjutnya, lanjut Sumule, Satgas akan mendeteksi 820 ODP sesuai data by name by address, sehingga ia berharap ODP ini tetap tinggal di rumah dan melakukan isolasi mandiri untuk menghindari penyebaran virus tersebut.

“Jangan melakukan aktivitas tambahan. Jika ada keluhan, segera mengunjungi pusat kesehatan masyarakat. Sekali lagi yang kita masukan dalam ODP ini adalah namanya jelas, nomor teleponnya jelas, alamatnya jelas,” kata Sumule.

Sumule menambahkan saat ini Satgas Penanganan Covid-19 Papua telah mendapat 1.950 Alat Pelindung Diri (APD) dari BNPB dan tambahan cloroquin dan obat anti flu.

“Jadi masyarakat Papua untuk tetap menjalankan himbauan pemerintah maupun protokol kesehatan yaitu isolasi mandiri di rumah, jaga jarak, hindari kerumunan, rajin cuci tangan dan menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat,” katanya.

Berita lain untuk anda

Baru saja Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Di Doom Meninggal Dunia, Diduga Dianiaya

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – GR (21) terduga pelaku pembunuhan seorang Ibu Rumah Tangga…

Warga Pulau Doom Geger, IRT Ditemukan Tewas Di Rumahnya

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Warga pulau Doom, Distrik Sorong Kepulauan, kota Sorong…

2 Pemotor Terlibat Kecelakaan Maut Di KM. 12 Masuk, Satu Orang Tewas Seketika

TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Seorang pengendara sepeda motor berinisial FT (60), tewas…