17 Pejabat Struktural Kesbangpol Papua Barat Dilantik

17 Pejabat Struktur Kantor Badan Kesbangpol Provinsi Papua Barat Resmi Dilantik Gubernur, Drs Dominggus Mandacan di ruang multimedia lantai III Kantor Setda PB, Selasa (9/6). (Foto : Abe/TN)

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI– Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan resmi melantik 17 orang pejabat struktural di badan kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) Provinsi Papua Barat di ruang Multimedia, lantai III Gedung Setda Papua Barat, Selasa (9/6).

17 orang itu terdiri dari pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator dan jabatan pengawas.

“Pengukuhan dan pelantikan pejabat struktural kali ini, terdiri dari 1 orang pejabat pimpinan tinggi pratama, 5 orang pejabat administrator dan 11 orang pejabat pengawas, yang dilaksanakan sehubungan adanya perubahan struktur organinsasi berdasartan Peraturan Gubernur Papua Barat No.88 Tahun 2019 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja badan kesbangpol,” kata Mandacan dalam sambutannya.

Lanjut Mandacan menegaskan bahwa pelantikan harus dilakukan meski ditengah situasi pendemi,  agar tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat  tetap dapat berjalan. Dia bertharap, 17 pejabat yang dilantik dan baru bergabung, agar segera memahami tupoksinya, menyesuaikan diri dengan unit kerja  dan melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Mandacan juga mengatakan, berdasarkan ananat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum  Kementerian Dalam Negeri Nomor 440/2014 tanggal 24 Maret 2020, bahwa peran kesbangpol di daerah harus dioptimalkan di tengah situasi pendemi Covid-19.

“Peran badan kesbangpol di daerah harus optimal di tengah situasi pendemi Covid-19. Kesbangpol harus mampu menjaga situasi ditengah masyarakat, agar tetap tenang dan terkendali, optimalkan peran dan fungsi forum-forum mitra kesbangpol, serta melibatkan semua tokoh masyarakat untuk turut serta membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan pencegahan, penularanan Covid-19 lewat berbagai upaya yang bersifat mendidik, dan tidak menimbulkan kepanikan dimasyarakat,” pesan Dominggus.

Dikatakan Mandacan,  bagi 17 pejabat structural kesbangpol Papua Barat, dapat menumbuhkan semangat baru untuk bekerja dan berkarya lebih baik lagi dengan penuh tanggungjawab guna melaksanakan pengabdian dalam mewujudkan dan mensejahterakan  mashyarakat Papua Barat dengan amanah yang diberikan.

“Untuk para pejabat yang sudah ada memang perlu dikukuhkan dan dilantik kembali disesuaikan dengan struktur organisasi yang baru, kebutuhan organisasi dan evaluasi kinerja,” ujar Mandacan sembari mengakui seluruh agenda pelantikan pejabat Pemerintah Papua Barat dilakuikan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.