Saleh Siknun
Wakil Ketua DPR Papua Barat, H. Saleh Siknun,S.E

 411 total views (dibaca)

Manokwari,TN- Dengan ditingkatkannya status siaga menjadi tanggap darurat pencegahan pandemi infensi corona virus disease (COVID-19) di Papua Barat maka DPR Papua Barat minta 9 hal dari Gubernur sebagai ketua gugus tugas tingkat daerah ini.

Dalam keterangan persnya kepada waratwan melalu telpon celulernya, Rabu (1/4), Wakil Ketua DPR Papua Barat, H. Saleh Siknun, S.E sesuai informasi yang mereka dapat dilapangan, masyarakat agak kesulitan untuk mendapatkan APD dan diduga ada penimbunan serta kenaikan harga sembako secara sepihak.

1. Masker dan disinfektan gratis

Terkait persoalan tersebut maka pihak legislatif meminta kepada Gubernur agar menginstruksikan kepada instansi teknis supaya pertama, menyiapkan masker dan disinfektan gratis untuk masyarakat.

2. Peralatan dan bahan disinfektan untuk tenaga medis

Kedua, menyediakan masker, sarung tangan bedah, APD, alat aplikasi disinfektan dan bahan disinfektan bagi tenaga media.

3. Laporan persedian APD

Ketiga, meminta bupati/ wali kota memberikan penjelasan kepada gubernur terkait persediaan APD bagi tenaga medis di daerahnya masing-masing.

4. Penyediaan fasilitas kebersihan di tempat umum

Keempat, menyediakan tempat air dan sabun cuci tangan ditempat publik seperti pasar, pelabuhan, bandara, terminal, pangkalan ojek, rumah sakit serta faslitas umum lainnya.

5. Sidak kelangkaan dan kenaikan harga

Kelima, melakukan sidak terhadap kelangkaan dan kenaikan harga seperti masker, cairan disinfektan, alkohol, sembako dan menindak tegas kepada pihak-pihak yang dengan sengaja menimbun serta meanikan harga barang untuk kepentingan pribadi yang merugikan masyarakat.

6. Pengamanan pintu masuk transportasi

Keenam, meningkatkan pengamanan dipintu masuk transportasi udara laut dan darat yang menghubungkan antara kabupaten/ kota dengan menyedikan posko bersama antara tim medis dan TNI-Polri dengan menyediakan APD standara pada setiap posko.

7. Pengawasan maskapai penerbangan

Ketujuh, berkoordnasi dengan pihak maskapai penerbangan di Jakarta, Makassar dan tempat lainnya agar tidak menerbangkan pasien dengan pengawasan (PDP) COVID-19 kepada wilayah Provinsi Papua Barat, karena selain menambah beban, tenaga medis juga keterbatasan APD.

8. Relokasi APBD Papua Barat tahun 2020

Kedelapan, Gubernur diminta segera mengajukan usulan relokasi APBD Papua Barat tahun 2020 yang lebih difocuskan pada percepatan penganan pencegahan penyebaran COVID-19.

9. Kordinasi bersama kepala daerah di Papua Barat

Kesembilan, melakukan koordinasi bersama antara para kepala daerah di Papua Barat dengan forkopimda terkait kondisi terakhir di daerah masing-masing sehingga dapat diambil keputusan bersama demi pencegahan virus corona.

“Penyebaran COVID-19 ini ahrus kita hadapi bersama dengan langkah bijak dengan TNI-Polri, para tokoh di daerah dengan memberikan edukasi agar masyasrakat mencegah virus berjangkit ini,” tegas Saleh Siknun.

Berita lain untuk anda

Lagi-lagi Warga Terjaring Saat Operasi Yustisi di Kendari

 429 total views (dibaca)  429 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Sebanyak 31 orang pelanggar protokol kesehatan…

263 Nakes RSUD Raja Ampat Terima Booster Vaksin Moderna

 420 total views (dibaca)  420 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT-Tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Umum…

Isu Soal Meninggalnya Pasien Positif Covid-19 di Ambon Hoax

 408 total views (dibaca)  408 total views (dibaca) Ambon, TN – Isu yang beredar di masyarakat Kota…

Tokoh Adat, LBH, Hingga Mahasiswa Minta Kejari Sorong Tuntaskan Kasus Korupsi Hingga Ke Akarnya

 431 total views (dibaca)  431 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Tokoh Adat, Lembaga Bantuan Hukum (LBH),…

Gubernur: Penyambungan Listrik Bagi Rakyat Merupakan Kolaborasi Pemprov Kaltim dan PLN

 422 total views (dibaca)  422 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, BATUAH – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), H Isran…

Cegah Penyebaran COVID-19, Pemkot Kendari Tutup Tempat Hiburan Malam

 450 total views (dibaca)  450 total views (dibaca) Kendari, TN – Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir…

Pemkot Sorong Gelar Musrenbangda RKPD Tahun 2021

 499 total views (dibaca)  499 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Pemerintah Kota Sorong melalui Badan Perencanaan dan…

Persiapan Kejuaraan Bola Voly Kapolres CUP IV, Panitia Kegiatan Gelar Teknical Meeting

 405 total views (dibaca)  405 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kapolres Merauke AKBP Ir. Untung Sangaji,…

DPRD: Jangan Lagi Ada Perbedaan Pendapat Soal Lokasi Pemakaman Jenazah Covid-19

 456 total views (dibaca)  456 total views (dibaca) Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku meminta, agar tidak…

Berprestasi Namun tak ada Biaya, Jesika Fakdawer Anakotta Wakili Papua Barat di Tingkat Nasional dan bawa Nama Bangsa Indonesia di Turki

 607 total views (dibaca)  607 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Sempat putus asa karena terkendala biaya, murid…