Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono. Foto-Ist/TN

 2,505 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Kota Ambon telah membentuk Panitia Khusus (Pansus) Pengawasan Anggaran Covid-19, yang nantinya bertugas untuk mengawasi penggunaan anggaran penanganan Covid-19, agar bisa digunakan secara tepat.

“Anggaran yang dialokasikan Pemerintah Kota Ambon, untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 harus benar-benar digunakan sesuai kebutuhan riil di lapangan,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono kepada wartawan, di Ambon, Rabu (24/6).

Rustam mengakui, Pansus Pengawasan Anggaran Covid-19 telah melakukan rapat bersama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Ambon, guna meminta penjelasan secara detail, terkait anggaran yang telah terpakai.

“Anggaran yang disediakan Pemerintah Kota Ambon untuk penanganan Covid-19 di Kota Ambon sebesar Rp 49,9 miliar. Bayangkan saja, selama 3 hari pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), anggaran yang sudah terpakai hampir Rp 20 miliar,” jelasnya.

Menurut Rustam, penggunaan anggaran penanganan Covid-19 harus sesuai dengan kebutuhan di lapangan, dan pemanfaatannya harus optimal sesuai target-target yang sudah dicanangkan, baik untuk kesehatan, pendidikan, dampak sosial ekonomi, maupun teknis.

Menurut dia, Untuk mempercepat penanganan Covid-19, Pemkot Ambon diizinkan untuk melakukan pergeseran anggaran dalam APBD tahun 2020 sesuai Peraturan Pemerintah Penganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 tentang kebijakan keuangan negara, dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan pandemi Covid-19.

Aturan lainnya adalah, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun tentang 2020 Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 di lingkungan pemerintah daerah, serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 19 tahun 2020 tentang penyaluran dan penggunaan dana bagi hasil, Dana Alokasi Umum (DAU), dan dana insentif daerah tahun anggaran 2020, untuk Penanggulangan Covid-19.

Rustam menegaskan, DPRD Kota Ambon lewat Pansus Pengawasan Anggaran Covid-19, akan meminta pertanggungjawaban penggunaan anggaran dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Covid-19 Kota Ambon setiap satu Minggu, dalam bentuk evaluasi.

“Pertanggungjawaban yang diminta ini kami tegaskan, agar menjadi patokan dalam pemantauan upaya penanganan Covid-19 yang ada di Kota Ambon,” tandasnya.

Berita lain untuk anda

Irigasi Kalosi Bakal Mengairi Ribuan Hektar Lahan

 2,441 kali dilihat 2,441 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman…

Jokowi Ungkap Pentingnya Kolaborasi UMKM dengan Usaha Besar

 4,139 kali dilihat 4,139 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan pentingnya…

Tiga Kabupaten Asal Papua Barat Tidak Masuk Sidang Dismisal MK

 2,592 kali dilihat 2,592 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,JAKARTA- Mahkamah konstitusi Republik Indonesia (MK-RI) telah menjadwalkan sidang dismissal…

Abdullah Gazam Foundation Gelar Festival Anak Sholeh Diambang Ramadan 1443 H

 2,668 kali dilihat 2,668 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H,…

Watubun Minta Jembatan Darurat Reyamru Segera Dibangun

 5,070 kali dilihat 5,070 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Maluku, Benhur…

Kasus Positif Covid-19 di Kaltim Meningkat, Tempat Tidur di RSUD Penuh

 2,525 kali dilihat 2,525 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Kasus positif Covid-19 di Provinsi Kalimantan Timur…

Pemprov Sulsel Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur di Soppeng

 2,520 kali dilihat 2,520 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – PLT Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman…

Alumni HMI Raja Ampat Sasar Anak Yatim Piatu, Berbagi Kasih Dan Memberi Santunan

 2,550 kali dilihat 2,550 kali dilihat Waisai, TN- Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kabupaten Raja Ampat…

Akibat Pandemi Covid-19, KSP SMS Berikan Keringanan Pinjaman Bagi Anggotanya

 2,611 kali dilihat 2,611 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Menyikapi pergerakan sektor usaha mikro, kecil dan…

Permintaan KTP Meningkat, Petugas Segera Mengambil Blanko ke Pusat

 2,451 kali dilihat 2,451 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sejak Januari 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan…