Benda Mirip Bom Ditemukan di Sorong

Tim Gegana saat mengidentifikasi benda yang diduga mirip dengan bom. (Foto:IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Layanan Kepolisian 110 Polres Sorong Kota menerima laporan dari salah satu warga di Jalan Menur, Kampung worot Kelurahan Kofkerbu, Distrik Soron,g Kota Sorong mengenai adanya penemuan benda yang mirip bom, Selasa (17/5/2022)

Awalnya seorang warga bernama Yuliana Wanma, bahwa sore itu ia sedang membersihkan parit di sekitar rumahnya dan menemukan benda mirip bom dan lalu mengangkatnya.

Karena curiga atas penemuan benda itu, ia pun mencari tahu di youtube. Hasilnya, benda itu ternyata mirip dengan bom peninggalan perang dunia ke II. Ia kemudian melaporkannya melalui layanan Kepolisian 110 Polres Sorong Kota.

Bendad misterius yang diduga mirip bom. (Foto: IST/TN)

Laporan warga tersebut langsung ditindaklanjuti dengan meneruskan informasi kepada Kabag Ops Polres Sorong kota Kompol M. Nur Makmur S.IK untuk memberikan arahan kepada Kapolsek Kota, AKP Saroji S.H agar memasang police line dan mengamankan TKP.

Setelah TKP dinyatakan aman dan jauh dari masyarakat, Kabag Ops meminta bantuan dari subden 2 Den Gegana sat Brimob Polda Papua barat yang berkedudukan di Sorong untuk menurunkan Personil penjinak bom (Jibom) agar mengamankannya.

Tim jibom subden 2 Den Gegana Satuan Brimob Polda Papua Barat yang di pimpin Ipda Jamaluddin akhirnya tiba di TKP menggunakan Mobil Nissan Navara dengan peralatan standar evakuasi Jibom.

Selanjutnya Tim Gegana mengidentifikasi jenis benda tersebut, yang ternyata adalah UXO bom militer dengan panjang 27 cm, diameter depan 4,9 mm, diameter badan 7,5 mm, diameter belakang 6,9 mm.

Evakuasi dilanjutkan dengan membawa benda tersebut menuju ke tempat yang aman dan selanjutnya akan dilakukan di Disposal.

“Tadi personil Gegana Brimob sudah mengevakuasi bom peninggalan tersebut , daerah klademak sudah aman ya, masyarakat tidak usah khawatir ” Ujar Kapolres Sorong Kota, AKBP Johanes Kindangen yang turun langsung memimpin evakuasi.