Bencana Terjadi Pada Sejumlah Wilayah di Ambon, BPBD Siaga

Banjir yang melanda kawasan Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Minggu (16/5/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Minggu (16/5/2021), sejumlah wilayah di Kota Ambon, tergenang banjir dan diterjang tanah longsor. Wilayah-wilayah itu diantaranya, Lorong Cokro Waiheru yang digenangi banjir, dan longsor di Lorong Gadihu dan Ahuru.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon sigap dan tetap siaga mengatasi bencana yang menimpa beberapa wilayah di Kota Ambon.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Ambon, Demmi Paays mengatakan, sejak musim penghujan, BPBD Kota Ambon kerap melakukan koordinasi bersama BMKG, terkait prakiraan cuaca di Kota Ambon.

“Dengan informasi yang diterima dari BMKG, kita kemudian melakukan koordinasi lanjutan bersama para Camat, Raja, Lurah, dan Kades, untuk meminta meneruskan informasi tersebut kepada masyarakat, terlebih khusus masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana,” kata dia kepada wartawan, di Ambon, Senin (17/5/2021).

Terkait musibah yang menimpa beberapa wilayah Kota Ambon, menurut Paays, dirinya bersama Tim BPBD Kota Ambon serta para relawan sejak pagi telah melakukan pengawasan terhadap beberapa wilayah yang dianggap rawan bencana, dikarenakan hujan yang terus mengguyur Kota Ambon.

“Kita memang sudah melakukan pemantauan dan pengawasan, terhadap wilayah-wilayah yang dianggap rawan bencana, baik banjir maupun tanah longsor. Sehingga, ketika ada laporan dari masyarakat, kita segera menuju lokasi,” ujar dia.

Dia menjelaskan, Tim BPBD yang datang ke lokasi juga sudah membawa bantuan tanggap darurat, bagi masyarakat di tiga lokasi tersebut.

“Ada beberapa bantuan tanggap darurat yang sudah kita berikan kepada masyarakat di tiga lokasi yang mengalami musibah, yakni gerobak, terpal, sekop, karung dan beberapa alat lain yang diperlukan di sana,” jelasnya.

Paays menghimbau kepada masyarakat, agar senantiasa waspada terhadap bencana, manakala hujan yang turun dengan intensitas yang tinggi.

“Bencana bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, terlebih pada saat musim penghujan seperti saat ini. Karena itu, kami meminta kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di bantaran sungai maupun lereng-lereng gunung, untuk selalu waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor. Selalu memperhatikan himbauan dan informasi dari Pemerintah Kota Ambon, untuk meningkatkan kewaspadaan,” pinta Paays.