Berita

Belasan Ribu Warga di Ambon Telah Divaksinasi

×

Belasan Ribu Warga di Ambon Telah Divaksinasi

Sebarkan artikel ini
Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebanyak 19.533 warga di Kota Ambon telah divaksinasi. Dan memang, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal disambut dengan antusias oleh warga kota Ambon.

1517
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Penerima vaksin tersebut terdiri dari warga lanjut usia (lansia) sebanyak 5.482 orang, pendidik sebanyak 4.920 orang, tokoh agama sebanyak 225 orang, pegawai BUMN sebanyak 943 orang, tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 4.954 orang, anggota TNI/Polri sebanyak 1.945 orang, ASN sebanyak 1.069 orang, pedagang sebanyak 887 orang, sopir angkot sebanyak 332 orang, dan wartawan sebanyak 31 orang.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berjalan dengan baik pada sejumlah lokasi, dan masih dilaksanakan sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Selain dipusatkan di Sporthall – Karang Panjang, kegiatan vaksinasi oleh Pemkot Ambon juga dilaksanakan di puskesmas, instansi–instasi, bahkan di pasar yang menyasar para pedagang dan supir angkutan kota (angkot). Kegiatan vaksinasi massal bahkan turut dipantau langsung oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy bersama Wakil Wali Kota (Wawali), Syarif Hadler.

Dia mengakui, vaksin yang disuntikan aman, karena hingga saat ini belum ada laporan dampak ikutan pasca vaksin yang masuk.

“Sejauh ini belum ada laporan dampak ikutan pasca vaksin yang mengkhawatirkan. Kalau reaksi pusing dan sakit di bagian lengan yang disuntik itu biasa. Ada juga warga yang takut atau trauma jarum suntik, sehingga berdampak secara psikologis, tetapi hanya sebagian kecil saja. Jadi vaksin ini sepenuhnya aman,” ungkapnya kepada wartawan, di Ambon, Rabu (24/3/2021).

Pemkot Ambon terus mendorong, agar warga yang masuk sebagai prioritas penerima vaksin, dapat segera mendaftar dan mengikuti vaksinasi pada Puskesmas terdekat.

Menurutnya, semakin banyak warga kota yang menerima vaksin, semakin cepat terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Makin banyak yang divaksinasi, semakin banyak yang terlindungi dari penyebaran Covid-19,” tukasnya.

Pelaksanaan vaksinasi massal covid 19 menjadi perhatian pemerintah pusat. Oleh sebab itu, dijadwalkan pada Kamis (25/3/2021), Presiden Joko Widodo, akan mengunjungi Ambon untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di RSUP dr. Leimena.

“Salah satu agenda kunjungan Presiden adalah untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan dengan baik dan lancar. Oleh sebab itu, mari kita terus dukung vaksinasi untuk menekan penyebaran Covid-19. Jangan takut divaksin, vaksin aman dan halal,” tandas Joy.