Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz. Foto-Ist/TN

 446 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Sebanyak 19.533 warga di Kota Ambon telah divaksinasi. Dan memang, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara massal disambut dengan antusias oleh warga kota Ambon.

Penerima vaksin tersebut terdiri dari warga lanjut usia (lansia) sebanyak 5.482 orang, pendidik sebanyak 4.920 orang, tokoh agama sebanyak 225 orang, pegawai BUMN sebanyak 943 orang, tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 4.954 orang, anggota TNI/Polri sebanyak 1.945 orang, ASN sebanyak 1.069 orang, pedagang sebanyak 887 orang, sopir angkot sebanyak 332 orang, dan wartawan sebanyak 31 orang.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriaansz mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berjalan dengan baik pada sejumlah lokasi, dan masih dilaksanakan sesuai dengan ketersediaan vaksin.

Selain dipusatkan di Sporthall – Karang Panjang, kegiatan vaksinasi oleh Pemkot Ambon juga dilaksanakan di puskesmas, instansi–instasi, bahkan di pasar yang menyasar para pedagang dan supir angkutan kota (angkot). Kegiatan vaksinasi massal bahkan turut dipantau langsung oleh Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy bersama Wakil Wali Kota (Wawali), Syarif Hadler.

Dia mengakui, vaksin yang disuntikan aman, karena hingga saat ini belum ada laporan dampak ikutan pasca vaksin yang masuk.

“Sejauh ini belum ada laporan dampak ikutan pasca vaksin yang mengkhawatirkan. Kalau reaksi pusing dan sakit di bagian lengan yang disuntik itu biasa. Ada juga warga yang takut atau trauma jarum suntik, sehingga berdampak secara psikologis, tetapi hanya sebagian kecil saja. Jadi vaksin ini sepenuhnya aman,” ungkapnya kepada wartawan, di Ambon, Rabu (24/3/2021).

Pemkot Ambon terus mendorong, agar warga yang masuk sebagai prioritas penerima vaksin, dapat segera mendaftar dan mengikuti vaksinasi pada Puskesmas terdekat.

Menurutnya, semakin banyak warga kota yang menerima vaksin, semakin cepat terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok.

“Makin banyak yang divaksinasi, semakin banyak yang terlindungi dari penyebaran Covid-19,” tukasnya.

Pelaksanaan vaksinasi massal covid 19 menjadi perhatian pemerintah pusat. Oleh sebab itu, dijadwalkan pada Kamis (25/3/2021), Presiden Joko Widodo, akan mengunjungi Ambon untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di RSUP dr. Leimena.

“Salah satu agenda kunjungan Presiden adalah untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berjalan dengan baik dan lancar. Oleh sebab itu, mari kita terus dukung vaksinasi untuk menekan penyebaran Covid-19. Jangan takut divaksin, vaksin aman dan halal,” tandas Joy.

Berita lain untuk anda

IKEA Indonesia Resmi Bangun Konsep Toko Baru di Mall Taman Anggrek

 464 total views (dibaca)  464 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – IKEA Indonesia memiliki visi untuk menciptakan…

Diusir Dari Lokasi Karantina, Kasatpol PP MBD Kecam Aksi Kapolres

 454 total views (dibaca)  454 total views (dibaca) Ambon, TN – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol…

Pemprov Kaltara Siapkan Regulasi Moda Transportasi Laut dan Sungai

 400 total views (dibaca)  400 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Musibah terbaliknya Speedboat Ryan, Senin…

Jalan dan Jembatan Utama Masuk Distrik Muting Rusak Parah

 448 total views (dibaca)  448 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Curah hujan cukup tinggi di Distrik…

Pemkab Sorong Dukung Pekerja Hulu Migas mendapatkan Vaksinasi Booster Covid-19

 562 total views (dibaca)  562 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – SKK Migas Perwakilan Pamalu bersama sama…

Pasien Sembuh Covid-19 di Malut Bertambah Jadi 29 Orang

 459 total views (dibaca)  459 total views (dibaca) Ternate, TN – Jumlah pasien sembuh dari Covid-19 di…

Pengadilan Agama Kupang Dukung Sosialisasi HIV/AIDS

 470 total views (dibaca)  470 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Ketua Pengadilan Agama Kupang, Rasyid Muzhar…

Bupati Raja Ampat Resmikan Asrama Mahasiswa Raja Ampat di Jayapura

 491 total views (dibaca)  491 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA- Asrama mahasiswa Raja Ampat di Jayapura Papua…

Ratusan Pelajar SMU se-Kota Ambon Lolos Seleksi Paskibraka 2022 Tahap I

 489 total views (dibaca)  489 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Seleksi Tahap I calon Pasukan Pengibar…

Apresiasi Kunjungan Menteri Luhut ke KEK, Isack Yable Berharap Hak Masyarakat Adat Diperhatikan

 435 total views (dibaca)  435 total views (dibaca) Aimas, TN – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten…