Belasan Calon Bintara TNI AU Ikuti Tes Kesehatan Pertama

Tes Kesehatan Calon Bintara TNI AU di Lanud DMA Merauke. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebanyak 18 calon Bintara TNI AU lulusan Sekolah Menegah Atas Pantia Daerah (Panda) Pangkalan Udara (Lanud) Johanes Abraham Dimara dengan peserta dari Wilayah Merauke melaksanakan tes kesehatan tahap pertama di Klinik Aried Riyadi, Senin (06/09).

Kepala Urusan Kesehatan (Kauryankes) Klinik Aried Riyadi Sie Kes Lanud J.A Dimara Letda Kes dr. Ahmad Rizal J, mengatakan, tes kondisi fisik umum calon meliputi keadaan bagian-bagian tubuh normal atau tidak, riwayat kesehatan dan tes lainnya.

Oleh karena itu, selama tes dilaksanakan secara bergilir tiap peserta untuk dilihat fisiknya dengan teliti seperti tinggi dan berat badan serta tes lainnya meliputi kesehatan THT, mata dalam hal ini cek buta warna serta tes lainnya yang diperlukan.

“Hal ini bertujuan untuk mencari kondisi tubuh peserta terbaik sebagai calon prajurit TNI yang harus memenuhi persyaratan kesehatan prima,” ujarnya.

Dikatakan, dari 18 calon tersebut, tiga orang di antaranya merupakan orang asli Papua (OAP). Tes dilakukan oleh Kauryankes dibantu tim medis Klinik Aried Riyadi Sie Kes Lanud J.A Dimara. Semua kegiatan tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Bagi calon Bintara yang lolos dalam tes kesehatan tahap pertama, selanjutnya mereka akan menjalani tes lanjutan seperti Kesemaptaan Jasmani dan lainnya hingga akhir bulan Oktober di Lanud J.A Dimara,” tutup dr. Ahmad Rizal.