Begini Strategi Diskop UKM Kalsel Kendalikan Inflasi

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, BANJARBARU – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pasar rakyat untuk Usaha Mikro Kecil Menengah Bergerak.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai mengaku, pasar rakyat untuk UMKM Bergerak digelar di 13 kabupaten/kota, dan sudah dimulai sejak 5 November-3 Desember 2022 mendatang.

Ia berharap, dengan kegiatan dapat mengendalikan inflasi, dan membantu warga dalam memenuhi dalam keperluan bahan pokok.

“Pasar rakyat ini diperuntukkan bagi warga sebagai pedagang mikro dan kecil, dan sebelumnya mendapatkan kupon terlebih dahulu, yang diakomodir kepala desa setempat, bekerjasama Dinas Koperasi dan UMKM kabupaten/kota,” kata dia, saat dihubungi dari Banjarbaru, Kamis (10/11/2022).

Rifai menjelaskan, paket yang disediakan di pasar rakyat untuk UMKM Bergerak ada sebanyak 1.200, yaitu seribu paket dari Pemprov Kalsel dan 200 paket subsidi dari Bank Kalsel.

Harga satu paketnya Rp68 ribu yang dijual berupa minyak goreng, tepung terigu, telur, bawang merah, bawang putih, dan gula.

“Sejak digelar Pasar Rakyat untuk UMKM Bergerak sudah dimulai sejak 5 November di desa Loksaso, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dilanjutkan 6 November di Kabupaten Tabalong dan 8 November di Kabupaten Balangan. Antusiasme warga sangat tinggi,” jelas Rifai.

Lebih lanjut Rifai menambahkan, pasar rakyat untuk UMKM Bergerak, di Kabupaten Balangan, pihaknya juga dirangkaikan dengan kegiatan penyuluhan dan pendampingan hukum, membina UMKM, agar naik kelas dan pelatihan akutansi, serta pengemasan produk bagi UMKM.

“Semoga dengan terlaksana kegiatan itu, dapat membantu peningkatan kesejahteraan warga di Banua,” harap dia.