Berita

Bawaslu Kota Sorong Segera Umumkan Penetapan Anggota Panwascam

×

Bawaslu Kota Sorong Segera Umumkan Penetapan Anggota Panwascam

Sebarkan artikel ini
kantor Bawaslu Kota Sorong. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Proses seleksi anggota Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) di kota Sorong telah memasuki tahap akhir.

1497
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Setelah tahapan wawancara, Bawaslu Kota Sorong akan mengumumkan calon yang terpilih sebagai petugas pengawasan di tingkat Distrik.

Ketua Bawaslu Kota Sorong, Mohammad Nasir Sukunwatan megatakan, tes tersebut menerapkan sistem gugur atau hanya menyisahkan 6 peserta terbaik di Kecamatan/distrik berdasarkan perankingan nilai tes tertulis maupun wawancara.

“Saat ini kita sudah melakukan seleksi wawancara untuk 60 orang. 60 orang ini dari 10 distrik, jadi masing-masing distrik itu ada 6 orang. Mereka kita sudah wawancarai dan dari 6 orang itu kita hanya mencari 3 orang untuk ditetapkan menjadi anggota Panwascam di Kota Sorong,”ujar Nasir kepada teropongnews.com, Senin (24/10/2022).

Untuk pengumuman hasil seleksi, kata Nasir, akan dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2022 dan selanjutnya 30 anggota Panwascam terpilih akan dilantik.

“Dari 30 orang tersebut kita akan lantik mereka sekitar tanggal 28 Oktober 2022, sekaligus diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk mendapatkan pemahaman-pemahaman tekait dengan tugas-tugas kewenangan dari Panwas distrik itu sendiri,”katanya.

Nasir menambahkan, selain melakukan seleksi Panwascam, Bawaslu kota Sorong juga saat ini tengah melakukan pengawasan terkait dengan verifikasi keanggotaan partai politik seperti yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Jadi KPU melakukan verifikasi faktual parpol, kami juga melakukan pengawasan berkaitan dengan verifikasi tersebut,”pungkasnya.