Berita

Bawaslu Ajak Stakeholder Kota Sorong Jadi Pengawas Partisipatif

×

Bawaslu Ajak Stakeholder Kota Sorong Jadi Pengawas Partisipatif

Sebarkan artikel ini
Ketua Bawaslu Papua Barat, Elias Ijie. Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) kota Sorong menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif dengan stakeholder Kota Sorong, Selasa (13/12/2022).

1429
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Kegiatan yang digelar di Panorama Hotel Kota Sorong ini melibatkan berbagai stakeholder seperti tokoh masyarakat, organisasi mahasiswa, tokoh pemuda, organisasi masyarakat, pemilih pemula dan pers.

Ketua Bawaslu Papua Barat, Elias Ijie menyampaikan bahwa pengawasan Pemilu partisipatif bertujuan agar seluruh elemen dapat melakukan pengawasan selama tahapan Pemilu kedepan.

“Kegiatan ini bertujuan agar bagaimana bisa melibatkan seluruh elemen masyarakat, untuk bisa berpartisipasi secara aktif dalam melakukan pengawasan, terhadap seluruh pelaksanaan tahapan pemilu maupun pemilihan serentak tahun 2024 mendatang,” ujarnya.

Menurut Elias, Bawaslu terus melakukan pendekatan dengan semua pihak, agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

Elias mengatakan, Bawaslu juga telah beberapa kali melakukan kegiatan yang sama dengan melibatkan organisasi mahasiswa, organisasi masyarakat, pelajar, hingga tokoh agama dan pemilih pemula.

Alasan pelibatan seluruh stakeholder dalam pengawasan Pemilu, disebabkan jumlah pengawas pemilu tidak berimbang dengan jumlah pemilih dan peserta Pemilu yang harus diawasi.

“Sehingga sosialisasi seperti ini terus dilakukan agar pengawasan pemilu partisipatif benar-benar terwujud,”pungkasnya.