Banjir Terjang Kecamatan Sembakung, Ini yang Dilakukan Pemprov Kaltara

Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang saat menyerahkan langsung bantuan uang tunai kepada keluarga korban meninggal dunia, akibat kecelakaan speedboat Ryan di Desa Atap Kecamatan Sembakung, Kamis (17/6/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Musibah banjir di Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan kerap terjadi. Misalnya pada Mei lalu, delapan desa di Sembakung lumpuh akibat banjir, karena ratusan rumah dan fasiltas umum hingga gedung perkantoran terendam luapan air yang mencapai 2 hingga 4 meter tersebut.

Persoalan ini juga menjadi catatan penting bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara). Seperti yang disampaikan oleh Gubernur Kaltara Zainal A. Paliwang saat menyerahkan langsung bantuan uang tunai kepada keluarga korban meninggal dunia, akibat kecelakaan speedboat Ryan di Desa Atap Kecamatan Sembakung, Kamis (17/6/2021).

Dalam kesempatan ini, Gubernur juga memberikan bantuan beras sebanyak 1,2 ton untuk diserahkan ke Kampung Siaga Bencana (KSB), bagi masyarakat terdampak banjir sebanyak 120 kepala keluarga yang terjadi Mei lalu.

“Semoga bermanfaat dan juga dapat meringankan beban keluarga terdampak banjir,” ucapnya.

Terkait penanganan banjir di Sembakung, Gubernur Zainal mengimbau agar setiap warga tetap memperhatikan, serta melestarikan lingkungan sekitar. Yakni dengan cara menanam pohon di setiap lingkungan rumah masing-masing.

“Banjir di Sembakung ini selalu terjadi. Bahkan hampir semua wilayah di Sembakung terendam. Maka dari itu, mari sama-sama kita menanam pohon di lingkungan rumahnya masing-masing. Nanti bibit pohon untuk ditanam kita (Pemprov) bantu,” imbuhnya.

Gubernur juga mengimbau, agar warga tidak melalukan aktivitas penebangan pohon yang menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.

“Kalau kita menebang pohon terus menerus, pasti akan banjir terus. Maka saya mengimbau jangan lagi menebang pohon, karena keberadaan pohon juga bisa mencegah terjadinya musibah banjir. Kita harus mulai bergerak,” imbuhnya, di hadapan unsur pimpinan Muspika Sembakung dan warga Desa Atap.