Banjir dan Abrasi Landa Kabupaten Barru

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulsel serahkan bantuan kepada korban terdampak banjir dan abrasi, di Kabupaten Barru. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Hujan dengan intensitas tinggi, mengakibatkan banjir di kawasan sungai dan abrasi pada beberapa titik di Kecamatan Mallusetasi. Beberapa titik yang terdampak, yakni di Kelurahan Mallawa, Desa Bojo, Kelurahan Bojo Baru, Kabupaten Barru, Minggu (6/3/2022).

Akibat peristiwa ini, sejumlah rumah dan fasilitas perkantoran rusak dan terendam banjir. Dari data yang diperoleh, di Kelurahan Mallawa ada 2 unit rumah yang terdampak abrasi.

Sedangkan banjir menggenangi sarana pemerintahan yakni Koramil 1405 Mallusetasi, Polsek Mallusetasi dan Kantor Pos Mallawa. Sementara di Desa Bojo terdapat 2 unit rumah terdampak abrasi, dan rusaknya tanggul penahan jembatan.

Di Kelurahan Bojo Baru, 2 unit rumah terbawa arus, perahu nelayan hanyut, dan 30 unit rumah tergenang.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menindaklanjuti peristiwa banjir dan abrasi yang terjadi di Kabupaten Barru.

Andi Sudirman langsung menginstruksikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulsel, untuk menyalurkan bantuan kepada korban yang rumahnya terdampak banjir dan abrasi.

“Tim BPBD Provinsi Sulsel telah menyalurkan bantuan untuk korban terdampak banjir di Kabupaten Barru,” kata Andi Sudirman kepada wartawan, di Makassar, Selasa (8/3/2022).

Andi Sudirman berharap, bantuan ini dapat meringankan beban korban yang terdampak.

“Semoga bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat yang terdampak bencana banjir,” harap Andi Sudirman.