Bang Jakes Ajak Masyarakat Unduh Aplikasi Mobile JKN

Bang Jakes saat melayani peserta JKN di kantor BPJS Kesehatan cabang Sorong. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORON- Belakangan ini, Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong mendapatkan perhatian dengan adanya sebuah maskot berbentuk Kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang berada di area pelayanan. Maskot bernama Bang Jaminan Kesehatan, yang biasa disingkat menjadi Bang Jakes, bertugas melayani peserta di kantor cabang dengan memberikan informasi terkait aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Sorong Sukris Setyobudi mengemukakan, hadirnya Bang Jakes di tengah pelayanan di kantor BPJS Kesehatan ini sebagai upaya untuk pemberian informasi kepada peserta JKN-KIS tentang kemudahan mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan ditengah pandemi melalui layanan elektronik seperti aplikasi Mobile JKN, maupun BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

“Karena pandemi ini sejak awal layanan di Kantor BPJS Kesehatan terbatas, tidak henti-hentinya kami mengimbau peserta untuk memanfaatkan layanan elektronik yang telah kami sediakan. Adanya Bang Jakes dapat menarik perhatian peserta untuk memberikan pengertian maupun edukasi dalam rangka physical distancing atau pembatasan fisik, untuk memanfaatkan aplikasi Mobile JKN, maupun BPJS Kesehatan Care Center 1500400 kami,” jelasnya, Selasa (18/8/2020).

Sukris menambahkan, melalui aplikasi Mobile JKN, peserta dimudahkan dalam mengakses beragam informasi tentang BPJS Kesehatan dimanapun dan kapanpun. Fitur-fitur yang ditawarkan aplikasi Mobile JKN juga sangat lengkap, mulai dari pendaftaran online peserta, ubah data peserta, pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pengaduan keluhan dan juga pengambilan nomor antrean di fasilitas kesehatan bisa dilakukan pada aplikasi tersebut.

Dewi (45), seeorang Peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) menyatakan sangat terbantu dengan manfaat yang ditawarkan dalam aplikasi Mobile JKN.

“Strategi ini (adanya Bang Jakes) menarik perhatian peserta JKN-KIS seperti saya, informasinya jelas terkait penggunaan Mobile JKN. Saya jadi yakin aplikasi ini akan sangat mempermudah peserta JKN-KIS untuk mengurus kepesertaannya tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan. Pastinya akan saya gunakan dan ajak kerabat serta keluarga saya menggunakan aplikasi Mobile JKN ini,” ungkapnya senang.