Bamsoet Imbau Masyarakat Segera Vaksin Booster Covid-19

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyebut cakupan vaksinasi dosis penguat atau booster di Indonesia masih stagnan dibawah 30 persen. Sementara protokol kesehatan di tengah masyarakat melemah.

Untuk itu, ia meminta dan mengimbau masyarakat agar mengikuti instruksi pemerintah untuk mendapatkan vaksin booster mengingat kasus keparahan dan kematian di gelombang subvarian XBB umumnya menyasar masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi penguat atau booster.

“Meminta pemerintah menjadikan rendahnya cakupan vaksinasi dosis penguat serta melemahnya penggunaan prokes sebagai concern utama. Karena kedua faktor tersebut dinilai sebagai penyebab meningkatnya kasus aktif Covid-19 di Indonesia,” kata Bamsoet di Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Oleh karena itu, menurutnya, pemerintah harus segera mengambil langkah tegas, mulai dari menggencarkan upaya vaksinasi hingga menaikkan level PPKM.

“Pemerintah perlu mengevaluasi faktor-faktor yang menjadi penyebab rendahnya vaksinasi serta lemahnya pelaksanaan prokes di masyarakat, guna mengatasi persoalan tersebut agar dapat meningkatkan kembali pelaksanaan program vaksinasi penguat baik vaksinasi primer hingga booster, serta meningkatkan kembali disiplin maisyarakat dalam melaksanakan prokes,” tuturnya.