Bakal Calon Anggota DPD RI Terus Berdatangan ke KPU PPS

Balon Anggota DPD RI Dapil Papua Selatan, Sularso serahkan dokumen dukungan dan pesebaran ke KPU PPS. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Hingga Minggu (8/1/2023) sore tercatat delapan bakal calon (Balon) perseorangan Anggota DPD RI Daerah Pilihan (Dapil) Provinsi Papua Selatan (PPS) yang serahkan jumlah dukungan dan pesebarannya ke Sekretariat KPU Papua Selatan.

Dari delapan yang serahkan dukungan minimal dan pesebaran semuanya diterima. Penyerahan dokumen akan berlangsung hingga 23.59 WIT dan akan ditutup tepat pukul 24.00 Wit. Lebih lanjut akan dilakukan proses verifikasi administrasi pada tanggal 9-22 Januari dan proses perbaikan.

“Kemudian akan dilihat secara administrasi apakah bakal calon itu tetap masih memenuhi 1000 minimal dan pesebaran minimal di dua kabupaten/kota. Kalau memang masih terpenuhi akan lanjut ke verifikasi faktual,” terang Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Provinsi Papua yang ditugaskan ke Papua Selatan, Fransiskus A. Letsoin di Sekertariat KPU PPS, Minggu (8/1/2022).

Balon Anggota DPD RI Dapil Papua Selatan, Simon Balagaize serahkan dokumen dukungan dan pesebaran ke KPU PPS. Foto-Getty/TN

Disebutkan, secara keseluruhan ada 22 bakal calon yang mendapatkan akases SILON belum semua menyerahkan dokumen. Pantauan media, beberapa bakal calon jalur mandiri yang menyerahkan dokumen dukungan dan pesebaran di antaranya mantan Wakil Bupati Merauke, Sularso dengan total 1222 dan dukungan serta pesebaran dari empat kabupaten.

Motivasinya ingin membantu pemerintah bahu membahu membangun masyarakat dan mendorong kemajuan Provinsi Papua Selatan. Kemudian Ketua KNPI Kabupaten Merauke, Simon Balagaize dengan penyebaran empat kabupaten dan memiliki dukungan 1000 lebih pendukung. Balon masih berdatangan hingga batas waktu yang ditentukan.