Berita

Awal Masa Kampanye di Merauke Masih Berjalan Normal

×

Awal Masa Kampanye di Merauke Masih Berjalan Normal

Sebarkan artikel ini
Divisi Pengawas Bawaslu Kabupaten Merauke, Xaverius Monmut Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Di awal masuk masa kampanye, Bawaslu Merauke menyatakan, pelaksanaan kampanye yang dilakukan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Merauke Pemilihan 2020 masih berjalan sesuai aturan.

1055
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Belum ada pelanggaran yang ditemukan atau yang dilaporkan kepada pihak pengawas pemilu. Baik yang dilakukan dari Paslon sendiri, partai pengusung atau tim koalisi.

Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Merauke, Xaverius Monmut saat dikonfirmasi menyebut, sementara ini pelaksanaan kampanye yang dilakukan di tengah masyarakat masih berjalan aman dan normal.

“Pengawasan kami melekat selama kampanye. Kelompok kerja (Pokja) yang terdiri dari beberapa pihak standbay membantu Bawaslu melakukan pengawasan,” ujar Xaverius, Rabu (30/9/2020), di Merauke.

Dikatakan, pengawas akan mengikuti proses kampanye baik secara tatap muka, media sosial maupun dalam bentuk daring. Termasuk penempatan baliho, spanduk dan umbul-umbul.

Pertama akan dilihat kapatuhan menerapkan protokol Covid-19 yakni pakai masker, jaga jarak, dan peserta atau massanya tidak lebih dari 50 orang. Kemudian, dalam penyampaian materi, hanya fokus pada visi dan missi dan tidak ada unsur sara, politik uang, penghinaan atau menjatuhkan lawan politik maupun pihak tertentu.

“Kalau kita lihat tidak sesuai dengan aturan kampanye, kami akan memberikan teguran. Jika selama satu jam tidak diindahkan, kita akan mebubarkan,” tegasnya.

Selain itu, kampanye tidak boleh dilakukan saat hari libur dan libur nasional. Paslon bersama tim akan melakukan kampanye sejak 27 September hingga 5 Desember 2020.