Astaga! Kabupaten Jayapura Urutan ke-6 Angka Penderita Malaria Tertinggi

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Chairul Lie. Foto-Nesta/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Jayapura tercatat sebagai kabupaten urutan ke-6 tertinggi angka penderita malaria dari 5 kabupaten/kota yang tersebar di Provinsi Papua.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Chairul Lie mengaku, Kabupaten Jayapura tertinggi keenam angka penderita Malaria, selain Kabupaten Yahukimo, Mimika, Keerom, Boven Diegol, dan Kota Jayapura.

“Parasit kita tinggi. Kalau di Papua kita di urutan keenam malaria tertinggi,“ ungkap Chairul Lie kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (26/4/2022).

Dengan demikian, kata Chairul Lie, eliminasi harusnya berada di bawah 1/1.000. Artinya diantara 1.000 orang hanya satu yang terkena sakit malaria. Saat ini diantara 1.000 orang terdapat 197 yang terkena penyakit Malaria.

“Ini cukup berat harus diturunkan, sehingga endesimitas 1 sampai 5 merupakan sedang kalau dibawah satu rendah, dan kalau di atas 5 sangat tinggi,“ jelas Charul Lie.

Untuk mencegah penyebarannya yang tinggi di Kabupaten Jayapura, maka ada sekitar 12 kampung yang sudah eleminasi dibawah satu.

Untuk itu pihaknya, lanjut dia, telah melatih kader-kader malaria di 139 kampung dan 5 kelurahan, dimana setiap kampungnya terdapat 2 orang kader malaria.

“Menuju eliminasi 2028 dari Kementerian Kesehatan, maka Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Jayapura sepakat akan eliminasi di 2028,“ tandas dia.