Simulasi bencana yang digelar BPBD Kota Ambon, di Asrama Militer (ASMIL) Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (19/9/2022). Foto-Ist/TN

 238 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Bencana alam banjir dan tanah longsor menghantam Asrama Militer (ASMIL) Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Senin (19/9/2022). Tapi tenang, ini hanyalah simulasi yang diprakarsai oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon.

Dalam simulasi ini, BPBD Kota Ambon menggandeng sejumlah stakeholder, yakni para relawan dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk melakukan simulasi banjir dan tanah longsor, di Lapangan ASMIL Batu Merah.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari kedepan, dimulai hari ini dan Selasa (20/09/22) dan berlokasi pada titik lokasi yang rawan bencana banjir dan tanah longsor, seperti Batu Merah dan kawasan Skip Paldam, dekat Jembatan Wai Tomu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Penjabat Wali kota Ambon, Bodewin M. Wattimena mengaku, dengan adanya kegiatan simulasi yang turut melibatkan semua pihak baik pemerintah dan juga masyarakat, serta stakeholder lainnya, tentu dapat meningkatkan kesiapan dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor di lingkungan tempat mereka tinggal.

“Simulasi Kegiatan ini sangat mendekati peristiwa yang sesungguhnya. Mudah-mudahan bisa membangun kesiapsiagaan masyarakat dan seluruh stakeholder terkait, dengan bencana banjir dan tanah longsor di Kota Ambon,” ungkap Wattimena disela-sela kegiatan simulasi tersebut.

Untuk itu, dia mengingatkan kepada masyarakat, agar tidak membangun rumah di daerah rawan bencana seperti bantaran sungai, serta lereng gunung dan bukit.

Hal tersebut tentunya bertujuan, agar menghindari resiko atau dampak yang ditimbulkan, akibat bencana banjir dan tanah longsor. “Jangan lagi membuat rumah di lereng-lereng bukit, di bantaran-bantaran sungai,” tegasnya.

Bahkan, Wattimena menegaskan, pihaknya akan melakukan antisipasi melalui prosedur Izin Mendirikan Bangungan (IMB), agar tidak ada proses pembangunan pada lokasi yang telah dilarang oleh pihaknya.

“Nah, itu bisa kita awasi lewat prosedur IMB. Kalau itu lokasi yang tidak diperuntukkan bagi pemukiman warga, jangan keluarkan IMB untuk itu,” tandas Wattimena.

Berita lain untuk anda

Urus Pasien Covid-19, Tenaga Medis Raja Ampat Ini Terpapar dan Terlantar Di Ruang Isolasi

 952 total views (dibaca)  952 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT – Seorang tenaga medis yang bertugas…

Pastikan Diri Maju Pilkada, Ini Dua Figur Cawabup yang Dipilih Ikram Umasugi

 943 total views (dibaca)  943 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan…

Dewan Adat Papua (DAP): Pelaku Pembunuhan Sudah Ditangkap, Tinggal Pelaku Pembakaran Rumah Belum Ditangkap

 919 total views (dibaca)  919 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Dewan Adat Papua (DAP) Wilayah III…

Gubernur Sulsel Batal Divaksin, Ini Alasannya

 1,014 total views (dibaca)  1,014 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah batal…

Kepala Suku Besar Doreri Ingatkan Masyarakat Tidak Terlibat Naikkan Bendera Bintang Kejora

 991 total views (dibaca)  991 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Kepala Suku Besar Doreri, Gaad Hendrik…

Gubernur Kaltara Janji Segera Tindaklanjuti Laporan Jalan Rusak di Krayan

 947 total views (dibaca)  947 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal…

Sungai Sikula Meluap, Akses Jalan Menuju Kecamatan Leihitu Barat Terputus

 621 total views (dibaca)  621 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Hujan dengan intensitas tinggi dan lebat…

Antisipasi Masuknya Virus Corona, Komisi IV Bakal Panggil Dinkes Maluku

 1,067 total views (dibaca)  1,067 total views (dibaca) Ambon, TN – Untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona Covid…

KPU Tunda Pentahapan Pilkada, Ini Respon DPRD

 1,049 total views (dibaca)  1,049 total views (dibaca) Ambon, TN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah…

Puluhan Rumah akan Dibangun Kodim 1707/Merauke di Kampung Wanggambi

 990 total views (dibaca)  990 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Melalui program karya bakti TNI, Kodim…