Berita

Asrama Haji Dijadikan Tempat Isolasi Terpusat di Ambon

×

Asrama Haji Dijadikan Tempat Isolasi Terpusat di Ambon

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon resmi memfungsikan Asrama Haji, Desa Waiheru, Kecamatan Baguala, Kota Ambon sebagai tempat isolasi terpusat pasien Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, fasilitas tersebut akan digunakan untuk menampung pasien yang bergejala ringan, atau tidak bergejala, namun memiliki komorbid dan golongan lansia.

“Asrama Haji sudah difungsikan sebagai lokasi isolasi terpusat, dimana satu kamar ditempati oleh empat orang pasien,” ungkap Pelupessy.

Dia lantas membeberkan, daya tampung Asrama Haji berjumlah 380 tempat tidur namun yang digunakan untuk tahap awal berjumlah 145 tempat tidur.

Jumlah tersebut, menurut Pelupessy mencukupi, sebab tidak semua pasien dirujuk untuk isolasi terpusat.

4959
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Pasien diseleksi oleh Puskesmas, apabila bergejala sedang sampai berat itu dirawat di rumah sakit, sedangkan yang gejala ringan bisa isolasi mandiri dirumah. Tetapi jika dia tidak bergejala namun memiliki komorbid dan lansia harus isolasi terpusat agar dapat dipantau oleh petugas,” ujar dia.

Pelupessy bersyukur tingkat capaian vaksinasi di Kota Ambon sangat tinggi. hal itu menjadi salah satu faktor banyak pasien Covid-19 tidak bergejala, dan bergejala ringan.

Oleh sebab itu, dia optimis, kapasitas rumah sakit yang ada di Kota Ambon dan Asrama Haji mencukupi, untuk perawatan dan isolasi.

“Banyak pasien terkonfirmasi, namun tidak bergejala dan bergejala ringan. Itu karena capaian vaksinasi kita sudah tinggi,” tandas Pelupessy.