Aspers Kasal Sampaikan Kebijakan Pembinaan Personel kepada Prajurit TNI AL Di Sorong

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi, M.Tr.(Han)., memberikan pengarahan kepada Perwira, Bintara, dan Tamtama TNI Angkatan Laut wilayah Sorong, yakni Koarmada III, Lantamal XIV, Pasmar 3, dan Satdik 3 Kodiklatal di gedung serba guna Lantamal XIV Jln. Bubara No. 1, Kelurahan Klaligi, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Senin (14/6/2021).

Pengarahan tersebut juga dihadiri Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S, Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, Komandan Satdik 3 Kodiklatal Kolonel Laut (P) Friche Flack, dan sejumlah pejabat utama ketiga satuan tersebut.

Selama pengarahan senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Dalam pengarahan tersebut, Aspers Kasal menjelaskan kebijakan umum pembangunan kekuatan TNI AL, kebijakan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., tentang pembinaan personel dan sumberdaya manusia, mulai rekrutmen, pendidikan, pembinaan karier, dan perawatan personel (kesehatan, perumahan, dan pembinaan kesegaran jasmani), serta berbagai inovasi sesuai perkembangan teknologi.

Berdasarkan Undang-Undang RI No. 34 tahun 2004 tentang TNI, pasal 9 disebutkan Angkatan Laut melaksanakan tugas TNI matra laut di bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut yurisdiksi nasional, melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut, melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra laut, dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Dengan demikian, prajurit TNI AL harus selalu siap tempur menegakkan kedaulatan negara dan menjaga keutuhan NKRI. Untuk melaksanakan tugas tersebut dibutuhkan kesegaran jasmani yang prima, kesehatan yang baik, dan pendidikan secara berjenjang sesuai strata. Bagi personel TNI AL kesempatan mengikuti pendidikan di dalam dan di luar negeri terbuka lebar.

“Oleh karena itu diperlukan kesamaptaan dan kesehatan yang baik, persiapkan diri kejenjang karier dan pangkat yang lebih tinggi. Siklus pembinaan personel sesuai rangkaian “Tour Of Duty” dan “Tour Of Area” di lingkungan TNI AL berjalan dengan baik.
Prajurit harus satu komando. Selain fokus pada tugas juga berdoa, “tegasnya.