Aksi demonstrasi menolak Otonomi Khusus (Otsus) yang dilakukan ratusan mahasiswa, Selasa (27/10/2020), di Gapura Uncen Perumnas 3 berakhir ricuh. Foto-Nesta/TN

 2,646 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Aksi demonstrasi menolak Otonomi Khusus (Otsus) yang dilakukan ratusan mahasiswa, Selasa (27/10/2020), di Gapura Uncen Perumnas 3 berakhir ricuh. Aparat gabungan TNI dan Polri terpaksa memblokade jalan utama menuju Perumnas 3 dan Kampus Uncen.

Konsentrasi masa yang awalnya berada di depan Gapura Kampus Uncen Perumnas 3 Waena, telah dibubarkan dengan paksa oleh aparat gabungan.

Setelah dibubarkan, selang beberapa menit kemudian, sejumlah masa yang berjumlah sekitar 30 orang mendatangi kawasan Gapura Uncen, dan melakukan pembakaran ban mobil dan momblokade jalan menuju kampus Uncen dan jalan alternatif.

Aparat terpaksa membubarkan aksi tersebut dengan menembakan gas air mata, dan menyemprot air menggunakan watercanon. Aparat kepolisian lalu bergerak maju, serta memukul mundur para pendemo hingga konsentrasi masa terpecah berhamburan ke gunung maupun ke arah Perumnas 3 sebelah kali.

Kapolresta Jayapura AKBP. Gustav Urbinas mengaku, polisi sengaja membubarkan aksi mahasiswa tersebut, karena tidak mendapatkan izin. Menurut Kapolres, konsentrasi massa ini berada di tiga tempat, yakni di Expo Waena, depan Gapura Kampus Uncen, dan Uncen Bawah.

Namun pihaknya, kata Kapolres, berhasil membubarkan konsentrasi massa tersebut dibantu BKO dari Brimob Polda Papua, serta Kodim Jayapura.

“Kami tidak mengizinkan aksi ini, karena sejak Maret 2020 sudah ada surat edaran terkait pandemi Covid-19, sehingga kami bubarkan secara paksa. Mereka sebenarnya mau menuju ke DPR Papua, tetapi kami bubarkan disini,” tegas Kapolres kepada wartawan.

Kapolres mengatakan, peringatan-peringatan yang dikeluarkan tidak diindahkan, sehingga aparat gabungan terpaksa mengambil langkah tegas untuk membubarkan aksi dimaksud.

“Aksi ini akan menganggu ketertiban umum. Kan ada larangan untuk tidak berkerumun, sehingga kami ambil langkah tegas,” katanya.

Lebih lanjut kata Kapolres, pihaknya telah memberikan waktu 20-30 menit alokasi waktu untuk para pendemo berorasi dan penyampaian pernyataan sikap, namun hal itu tidak dihiraukan para pendemo.

“Dalam aksi pembubaran itu, massa melakukan melempari aparat gabungan dengan batu. Kami kemudian melakukan penyisiran, dan mereka kemudian membubarkan diri, namun mereka kembali melakukan aksi yang berujung provokasi,” beber Kapolres.

Untuk diketahui, dalam penyisiran yang dilakukan, aparat gabungan membersihkan bebatuan yang digunakan para pendemo, dan mengamankan 1 buah bom molotov.

Berita lain untuk anda

Direktur AMO Jadi Pembicara Pada Dua Event Internasional di Korsel

 2,234 kali dilihat 2,234 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Direktur Ambon Music Office (AMO), Ronny Loppies,…

Untuk Awal Juli Nanti, Dinkes Merauke Telah Siapkan 64 Ribu Dosis Vaksin

 2,575 kali dilihat 2,575 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke telah menyiapkan sebanyak…

Pemprov Kaltara dan Politeknik Negeri Media Kreatif Tandatangani MoU

 2,633 kali dilihat 2,633 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara)…

Percepat Pemulihan Pariwisata, Kyriad M Hotel Sorong Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis 1 Hingga Booster

 2,820 kali dilihat 2,820 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Kyriad M Hotel Sorong menggelar vaksinasi Covid-19 dosis…

Bupati Merauke Segera Umumkan Hasil Tes CPNS Formasi 2018

 2,781 kali dilihat 2,781 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengatakan, dalam waktu…

Jelang Ramadhan, Persediaan Stok Terigu dan Minyak Goreng di Malut Menipis

 2,667 kali dilihat 2,667 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Menjelang Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah, persediaan…

Sebagai Anak GKI, Orideko Burdam : Ketua Klasis GKI R4 Harus Netral dan Tidak Lakukan Manufer Politik

 2,544 kali dilihat 2,544 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, WAISAI- Video keterlibatan salah satu tokoh agama dalam aksi…

Libur Panjang, Basarnas Manokwari Gelar Siaga Khusus

 2,666 kali dilihat 2,666 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Dalam rangka libur nasional dan cuti bersama…

Tekad DPC Gerindra Surabaya untuk Pemenangan Prabowo Subianto

 5,782 kali dilihat 5,782 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Wanhat DPD Gerindra Jatim Bambang Haryo…

Kunker di Merauke, Wamen ATR Janji Tindaklanjuti Persoalan di Daerah

 2,593 kali dilihat 2,593 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Papua butuh perhatian khusus dalam semua bidang…