Antisipasi Muatan ODOL, Satlantas Polres Raja Ampat Lakukan Pengawasan di Pelabuhan Waisai

Satlantas Polres Raja Ampat lakukan pengawasan terhadap muatan ODOL di pelabuhan Waisai. Foto ist.

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Satuan Lalu lintas Polres Raja Ampat menggelar operasi razia truk ODOL atau over dimension Ovel loading di Waisai kabupaten Raja Ampat, selama 14 hari dalam operasi Keselamatan Mansinam 2022.

Menurut Kapolres Raja Ampat, AKBP Andy Prihastomo S.H,.S.IK,.M.H, melalui Kasat Lantas, Iptu.Ofel Tunay, mengatakan operasi tersebut bertujuan mengurangi jumlah kendaraan ODOL di kabupaten Raja Ampat, khususnya di kota Waisai.

Kasat Lantas Polres Raja Ampat, Iptu.Ofel Tunay. Foto Wim/TN

Dikatakannya, sebelum melakukan operasi razia ODOL di Raja Ampat, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan semua pengusaha angkutan di kota Waisai bersama dinas perhubungan darat.

“Kami tetap melakukan operasi razia ODOL, hanya saja sebelum kami melakukan razia, kami telah berkordinasi dengan semua pengusaha angkutan di Waisai, bersama-sama dengan dinas perhubungan darat. Disitu kami mengingatkan tentang muatan yang over loading maupun over dimension,” ujar Kasat Lantas, Ofel Tunay, Selasa (8/3/2022).

Kata Ofel Tuani, pihaknya sesuai aturan setiap hari melakukan pengawasan di pelabuhan, mengantisipasi muatan ODOL dan juga setiap hari Sabtu melakukan pengawasan di pelabuhan 300 Waisai, guna mengantisipasi truk dengan muatan over loading dan over dimension.

“Sesuai aturan, kami terus melakukan pengawasan dan menindak jika ada muatan yang over loud, baik di pelabuhan Waisai maupun di pelabuhan 300,” tegasnya.

Hanya saja hingga sekarang, menurut Ofel, di Waisai belum ada temuan terkait operasi razia ODOL. Hal ini dikarenakan kota Waisai bukan kota besar dengan jumlah penduduk yang banyak. Namun pihaknya terus melakukan pengawasan sesuai aturan yang berlaku.