ANJ Rayakan Kelulusan 18 Murid Program PAUD di Distrik Kais

ANJ Rayakan Kelulusan 18 Murid Program PAUD di Distrik Kais. (Foto:IST/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Melalui program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) bersama mitranya, Alirena merayakan kelulusan 18 murid PAUD di Distrik Kais, Sorong Selatan, Rabu (15/6/2022)

18 Murid itu berasal dari PAUD Lahai Roy di kampung Benawa 1 dan PAUD Sion di kampung Sumano, Distrik Kais, Sorong Selatan.

Acara ini merupakan perayaan kelulusan siswa PAUD tahun pembelajaran 2021/2022 yang dibina oleh Alirena sejak Juni 2021.

Dalam sambutannya saat menghadiri acara kelulusan di kampung Benawa 1 dan Sumano, Hengky Gogoba, S.Sos. MA, selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sorong Selatan, menyampaikan bahwa proses pendidikan usia dini sudah berjalan sesuai dengan prosedur.

“Namun dukungan warga masih perlu ditingkatkan, sebab program pendidikan tidak bisa berjalan jika tidak didukung oleh semua pihak, termasuk masyarakat setempat dan pemerintah,”ucap Hengky.

Sementara itu, Arianto Wibowo, Head of CID & Koperasi mewakili ANJ memberikan semangat, motivasi serta mendorong para lulusan agar mereka terus belajar dan menimba ilmu hingga bangku pendidikan tinggi.

Dikatakannya, sebagai mitra ANJ, Alirena berkarya di Sumano dan Benawa sejak Juli 2019, dengan mendirikan PAUD dan TK, serta menyediakan empat tenaga pendidik dengan materi pembelajaran dan penerapan yang sesuai dengan tema budaya.

Kelompok bermain dibagi menjadi dua kelompok umur, 1-3 tahun (PAUD A) dan 3-4 tahun (PAUD B), sementara TK dibagi menjadi kelompok 4-5 tahun (TK A) dan 5-6 tahun (TK B).

Menurut Arianto, kiprah Alirena di dunia pendidikan di tanah Papua telah dikenal, bahkan mereka memiliki Sekolah Anak Indonesia di Bogor untuk mendidik anak-anak Papua bekerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat.

“Setelah menjalankan kerja sama dengan Alirena dan berbagai stakeholder, baik aparat kampung, masyarakat, tokoh agama, dan lainnya selama 3 tahun, kami telah melihat banyak perkembangan dan perbaikan akademis pada siswa kami. Pendidikan harus dijalankan melalui kontribusi semua elemen masyarakat dalam mendukung keberhasilan dan mempersiapkan masa depan anak-anak melalui pendidikan dari usia dini,”jelasnya.

Arianto menambahkan, pada tahun 2021, pihaknya telah menambahkan program sanitasi dan kebersihan bagi anak-anak, yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS, serta program berkebun dan peternakan unggas.