Angka Kematian Akibat Covid-19 Masih Tinggi, Kemenkes Diminta Cari Solusi

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/10/2022).

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet meminta pemerintah segera mencari solusi terhadap tingginya angka kematian akibat Covid-19 yang terjadi saat ini.

Diketahui, sebelumnya Menteri Kesehatan menyebut masyarakat yang belum divaksin sangat berisiko meninggal di gelombang Covid-19 kali ini. Hal tersebut juga dapat dilihat dari tren kasus kematian Covid-19 mingguan yang cukup tinggi yang didominasi oleh pasien belum divaksinasi.

“MPR pun meminta pemerintah untuk mengevaluasi secara menyeluruh, mulai dari penanganan pandemi hingga kebijakan pemerintah yang dinilai sudah tidak relevan,” kata Bamsoet kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Ia pun meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menerapkan dan memperkuat kembali upaya testing dan tracing ditengah tingginya kasus Covid-19 saat ini. Mengingat, kata dia, banyaknya kasus Covid-19 di masyarakat yang tidak teridentifikasi lantaran rendahnya testing hingga tracing.

Sehingga, kata dia, kemungkinan berdampak pada angka kematian Covid-19 yang tinggi melampaui beberapa negara dengan kasus harian diatas Indonesia.

“Pemerintah juga bersama Satgas Covid-19 bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk melakukan pendataan ulang jumlah cakupan vaksinasi Covid-19 di seluruh daerah. Sehingga upaya percepatan vaksinasi Covid-19 hingga dosis booster dapat dilaksanakan khususnya di daerah dengan cakupan vaksin yang rendah,” tuturnya.