Anggota DPR RI Robert Kardinal Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Di Distrik Makbon

Foto bersama warga distrik Makbon usai Sosialisasi empat pilar kebangsaan. (Foto:Ist/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Anggota DPR RI perwakilan Papua Barat, Robert Joppye Kardinal menggelar Sosialisasi 4 Pilar di Distrik Makbon, Kabupaten Sorong, Sabtu (6/2/2021), dengan melibatkan 150 warga dari kaum ibu rumah tangga.

“Fondasi dan pilar yang menyokong bangsa Indonesia tidak lain adalah Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, ” ujar Goda S. E, salah satu narasumber dalam kegiatan itu.

Menurutnya, meski Indonesia terdiri dari ragam agama, suku, bahasa, golongan dan penduduk yang tersebar di ribuan pulau mulai Sabang sampai Merauke, namun tetap satu dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Diungkapkannya, banyak tantangan yang dihadapi dalam menjaga persatuan dan kesatuan RI, terlebih kini dunia termasuk daerah kabupaten Sorong tengah dilanda pandemi COVID-19, yang meluluhlantakan berbagai sendi kehidupan masyarakat, mulai dari kesehatan, pendidikan, pariwisata, serta sektor lainnya.

“Apabila semua sektor pulih dengan adanya vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan, akan membuat rakyat lebih percaya diri dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, ia mendorong agar masyarakat tidak ragu untuk ikut disuntik vaksin COVID-19.

Goda mengatakan, dengan adanya sosialisasi 4 pilar ini, dirinya berharap dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika melalui penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kepada seluruh elemen lapisan masyarakat.

“Seperti di tengah pandemi Covid-19 ini, kita harus menerapkan sikap gotong royong, tenggang rasa dan saling membantu satu sama lain, karena di tengah pandemi Covid-19 ini, bangsa Indonesia juga masih dihadapkan pada tantangan lain yang tak mudah. Diantaranya, melemahnya rasa toleransi dalam keberagaman. Diharapkan nilai-nilai yang terkandung dalam empat pilar kebangsaan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di masa pandemi Covid-19,”pungkasnya.