Berita

Anggota DPR RI dan KLHK Tinjau Kebun Bibit Desa di Batu Merah

×

Anggota DPR RI dan KLHK Tinjau Kebun Bibit Desa di Batu Merah

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty bersama KLHK meninjau Kebun Bibit Desa (KBD), di Batu Tagepe, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Selasa (24/8/2021). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty bersama KLHK meninjau Kebun Bibit Desa (KBD), di Batu Tagepe, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Selasa (24/8/2021).

Menurutnya, program KBD ini disampaikan dirinya kepada Dirjen saat raker di Komisi IV DPR RI, dan langsung disampaikan kepada UPT Kementerian Kehutanan Maluku-Maluku Utara di Ambon.

“Karena butuh waktu cepat untuk harus segera menetapkan CPCL, maka saya langsung meminta KLHK untuk menetapkannya di Desa Batu Merah,” kata dia lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Rabu (25/8/2021).

4935
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dikatakan, program KBD ini diberikan kepada kelompok yang ada didesa untuk menyemai bibit sebanyak 31.000 anakan tanaman yang terdiri dari tanaman pohon 70 persen, dan tanaman produktif 30 persen.

Kelompok ini mengusulkan pohon kayu Besi, trumbesi, cengkeh dan rambutan kepada KLHK juga telah disetujui.

“Ternyata sudah ada masyarakat yang minta anakan kepada kelompok untuk ditanam dilahannya. Saya berharap, dari program ini bisa dimanfaatkan untuk pemulihan lahan kritis, daerah konservasi, daerah tangkapan air dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat,” harap Saadiah.

Baginya, bumi sebagai rumah bersama membutuhkan tanggung jawab kolektif semua penghuni bumi untuk menjaga kelestariannya.

Karena itu, gerak ekologis harus mulai digalakkan seperti pembangunan ramah lingkungan, penghijauan tanah tanah tandus, pengurangan polusi dan konservasi hutan sebagai jantung kehidupan bumi.

Kepala Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) KLHK, Junaidi mengucapkan terimakasih atas kunjungan langsung ke lokasi penyemaian dan memberi apresiasi karena langsung blusukan dan ikut membina kelompok. “Wah, Saya Salut bu,” ucap dia singkat.