Anggota DPR PB Ini Sarankan Pemkot Sorong Deteksi Pasien Covid-19 Dari Rumah ke Rumah

Salah satu pimpinan DPR PB dari partai Demokrat, Jongky Robertho Fonataba. Foto ist.

Sorong, TN- Salah satu pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat dari partai Demokrat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Dua Kota Sorong, Jongky Robertho Fonataba (JRF) berpendapat, untuk mendeteksi pasien covid-19, Pemkot Sorong harus melakukan pemeriksaan dari rumah-rumah.

Pernyataan tersebut disampaikan salah satu pimpinan DPR PB asal Dapil II kota Sorong, JRF, kepada media ini, di kota Sorong, Selasa (21/4).

“Menurut saya solusi terbaik saat ini untuk kondisi kita di Kota Sorong dengan bertambahnya pasien positif corona adalah lakukan pemeriksaan semua warga masyarakat di Kota Sorong oleh tim dinas Kesehatan ke rumah-rumah penduduk di 41 Kelurahan yang ada di Kota tanpa terkecuali,” ujar Jongky Fonataba.

Politisi senior partai Demokrat ini, menyarankan kepada wali kota Sorong, Drs Ec Lmbert Jitmau, MM, agar lebih tegas mengeluarkan instruksi untuk mengantisipasi penularan covd-19 di kota Sorong.

“Tentu wali kota harus tegas mengeluarkan instruksi untuk maksud tersebut dan bekali tim dengan peralatan tes yang memadai.
Langkah ini selain untuk cepat mendeteksi orang terinfeksi, tim bisa mendapati data riil yang akurat di lapangan, guna dilakukan antisipasi pencegahan perkembangan virus corona di Kota Sorong,” tandas Fonataba.

Dikatakan, karena memperpanjang penutupan akses bandara dan pelabuhan bukanlah satu-satunya jalan terakhir membebaskan kota Sorong dari perkembangan virus corona. “Terbukti masih bertambahnya pasien positif corona,” tegas Oki, sapaan akrab Jongky Fonataba.

“Hal lain yang juga saya perhatikan adalah warga kota yang belum mentaati instruksi menjaga diri dengan memperhatikan himbauan pentingnya sosial destancing dan physical destancing dari pemerintah akan menimbulkan bahaya baru,” ungkapnya.