Anggota DPR PB ini, Jaring Aspirasi Warga Maybrat

Anggota DPR Papua Barat, Karel Murafer saat foto bersama warga Maybrat. Foto ones/TN

TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT- Anggota DPR Papua Barat, Daerah Pemilihan (Dapil) IV, dari partai Demokrat, Karel Murafer,SH, MA melakukan Reses ke-III tahun 2021 di Kabupaten Maybrat. Kegiatan Reses yang dipusatkan mulai dari tanggal 16-23 Desember 2021.

“Reses ke-III merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh anggota DPR setiap tahun dapat menjadi instrumen yang baik untuk memperoleh aspirasi dan masukan dari konstituen, serta untuk melihat langsung implementasi berbagai kebijakan yang dibuat oleh eksekutif,” ujar Karel Murafer.

Di sisi lain, reses juga merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan keputusan sebagai salah satu prinsip demokrasi. Sebagai pemilih yang mempunyai wakil di DPR/DPRD, masyarakat mempunyai hak untuk berpartisipasi dalam proses pembentukan keputusan, melalui mekanisme yang telah ditentukan. Reses adalah salah satu mekanisme resmi yang memungkinkan masyarakat berpartisipasi dalam pembuatan keputusan.

“Hari ini saya lakukan reses bersama dengan warga masyarakat dan juga intelektual Maybrat agar saya terima saran dan masukan dari masyarakat agar dikemas dalam bentuk kebijakan pada tahun 2022 nanti,” terangnya.

Dirinya berharap agar kedepannya, pemerintah provinsi Papua Barat dengan pemerintah kabupaten Maybrat perlu ada shering anggaran bersama agar mana yang pemerintah provinsi Bagun dan mana yang Pemda Maybrat bagun.