Anggota AMAN Capai Dua Juta Orang

Penampilan masyarakat adat saat acara penutupan kongres masyarakat adat Nusantara di Stadion Barnabas Youwe, Sentani Kabupaten Jayapura, Minggu (30/10).

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Hingga saat ini anggota aliansi masyarakat adat Nusantara (AMAN) mencapai 2 juta orang. Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMAN, Rukka Sambolinggi.

“Jumlah itu akan terus bertambah seiring adanya indikasi laporan masyarakat adat di seluruh Indonesia,”ujar Rukka saat acara penutupan kongres masyarakat adat Nusantara (KMAN) di Stadion Barnabas Youwe, Sentani Jayapura, Minggu (30/10).

Diterangkannya bahwa, jumlah anggota AMAN yang mencapai 2 juta orang tersebut, terdiri dari 2 ribu komunitas masyarakat adat yang tersebar di seluruh Indonesia. Ia menyebut hal itu merupakan pencapaian yang luar biasa.

Untuk diketahui, Rukka Simbolinggi terpilih kembali menjadi Sekjen AMAN periode 2022-2027 pada kongres masyarakat adat Nusantara (KMAN) ke-6 di Kabupaten Jayapura pada 24-30 Oktober 2022. Sementara untuk KMAN ke-7 pada tahun 2027 mendatang akan berlangsung di Pulau Sulawesi.