Anak dan Remaja Klasis GPM PAU Berpartisipasi di “Bakudapa Kalesang Teluk”

Acara pembukaan Bakudapa Anak dan Remaja ke-4 Klasis GPM PAU, yang berlangsung di Lapangan BTN Negeri Lama, Minggu (19/6/2022) malam. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anak dan Remaja dari 17 Jemaat di lingkup Klasis GPM Pulau Ambon Utara (PAU) berpartisipasi dalam kegiatan “Bakudapa Anak dan Remaja” ke-4 yang dilaksanakan di Jemaat GPM Negeri Lama.

Kegiatan yang berlangsung 18-22 Juni 2022 ini dilaksanakan dibawah sorotan tema ” Generasi Z Kalesang Teluk Ambon”. Acara pembukaan Bakudapa Anak dan Remaja ke-4 Klasis GPM PAU berlangsung semarak meski di bawah guyuran hujan.

Ketua Majelis Pekerja Klasis GPM PAU, Pdt.W Beresaby dalam sambutan pada acara pembukaan, yang berlangsung di Lapangan BTN Negeri Lama, Minggu (19/6/2022) malam menjelaskan, tema tersebut menjadi inspirasi teologi bagi anak dan remaja Klasis GPM PAU, agar tetap terlibat dalam karya penyelamatan Allah bagi manusia dan alam ciptaan.

“Pengajaran iman itu membentuk karakter dan membangun ketahanan spiritual anak dan remaja sebagai warga Gereja, dan juga warga Kota Ambon dalam meminimalisir kerusakan lingkungan,” kata dia.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena yang turut hadir bersama Pj. Ketua TP-PKK, Ny. Lisa M. Wattimena dan para pimpinan OPD memberi apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini.

“Bakudapa Anak dan Remaja menjadi kegiatan positif yang harus didukung oleh pemerintah dan masyarakat, karena menjadi wadah menciptakan kreativitas, membimbing anak-anak menjadi anak yang takut Tuhan, serta memberi inspirasi anak dan remaja untuk berani menampilkan talenta,” ujarnya.

Menurut Wattimena, tema yang diangkat dalam kegiatan ini menjadi gambaran dari persoalan lingkungan yang dihadapi pemerintah dan menjadi prioritas, untuk dibenahi, khususnya sampah yang mencemari teluk Ambon.

“Teluk Ambon yang menjadi kebanggan sejak dahulu kala, kini kondisinya memprihatinkan, karena sedimentasi sampah yang bersatu dengan terumbu karang. Oleh sebab itu, Pemerintah membutuhkan dukungan dalam membenahi persoalan sampah,” tegas Wattimena.

Ditempat yang sama, Wakil Sekum MPH Sinode GPM, Pdt. Rudy Rahabeat, dalam khotbahnya mengingatkan tanggung jawab anak dan remaja dalam merawat alam, terutama ekosistem pantai dengan kerja keras serta kerja cerdas.

“Salah satu bentuk kecerdasan itu adalah kecerdasan ekologis yakni anak dan remaja memiliki kepedulian dengan alam,” tandas Rahabeat.