Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama DPRD Kota Ambon dengan Lembaga Rumah Generasi (mitra lokal BaKTI) selaku pelaksana program, yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin (20/6/2022). Foto-Ist/TN

 199 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ambon menjadi salah satu dari 7 kabupaten/kota di kawasan Timur Indonesia, yang dipilih sebagai lokasi implementasi Kemitraan Australia dan Indonesia menuju masyarakat inklusi oleh Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI)

Mengawali pelaksanaan program, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama DPRD Kota Ambon dengan Lembaga Rumah Generasi (mitra lokal BaKTI) selaku pelaksana program, yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin (20/6/2022).

Penandatanganan PKS tersebut untuk Pemkot, dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, DPRD Kota Ambon, oleh Ketua DPRD, Ely Toisuta, sementara dari Rumah Generasi, oleh direktur Rumah Generasi, Alfin Paron.

Penjabat Wali Kota Ambon, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penandatangan PKS, yang bertujuan untuk membangun kesepahaman mengenai program inklusi, dan menyediakan dasar hukum atau legalitas yang menjadi acuan dalam pelaksanaan program.

“Selain itu, penandatangan PKS ini akan menjadi komitmen bersama dalam rangka penguatan kapasitas perangkat daerah, sehingga dapat menghasilkan kebijakan untuk mengatasi kekerasan pada permpuan dan anak, kelompok marjinal, dan belum meratanya akses pelayanan terhadap masyarakat miskin dan disabilitas,” ujar dia.

Menurut Penjabat Wali Kota, pelaksanaan program ini sejalan dengan kebijakan prioritas Pemkot, yakni penurunan angka kemiskinan, peningkatan kualitas pelayanan publik dan penyelarasan arah kebijakan pemerintah dengan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Oleh sebab itu, dia berharap, penadatanganan PKS ini akan memperkuat komitmen semua pihak yang terlibat.

“Melalui program ini ada peningkatan kapasitas terhadap perangkat daerah di lingkup Pemkot, serta semua komponen masyarakat yang terlibat agar dapat menjalin kerjasama, komunikasi, koordinasi, dan koloborasi demi kesejahteraan Kota Ambon,” tandasnya.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta. Menurutnya, DPRD Kota Ambon sudah banyak merasakan manfaat dari program kemitraan Australia-Indonesia yang dilaksanakan Yayasan BaKTI sebelumnya melalui mitra kerja di Ambon, yaitu program MAMPU, dan PEDULI.

“Olehnya itu program ini patut didukung oleh semua pihak termasuk DPRD Kota Ambon, melalui kebijakan legislasi program dan anggaran mengingat penjangkauan terhadap masyarakat marjinal masih banyak di kota Ambon yang perlu dipastikan aksesibilitasnya terhadap berbagai layanan pemerintah,” ujar Toisuta.

Ditempat yang sama Direktur Yayasan BaKTI, Yusran Laitupa mengungkapkan, dipilihnya Ambon sebagai kota pelaksanaan program Inklusi bersama Kabupaten Maros, Kota Parepare, Kabupaten Tana Toraja, Kota Kendari, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Kupang, didasarkan pada kondisi kekerasan terhadap perempuan yang masih tinggi, dan berbagai layanan pemerintah yang masih sulit diakses oleh kelompok miskin, marginal dan disabilitas.

“Pada program Inklusi, Yayasan BaKTI akan mengatasi permasalahan melalui pemberdayaan ekonomi perempuan miskin dan marginal, yang menjadi penyebab terjadinya kekerasan, salah satunya akibat kondisi kemiskinan dan ekonomi, khusus di masa pandemi Covid-19 dimana angka kemiskinan semakin meningkat,” ungkap dia.

Yayasan BaKTI, lanjutnya, akan bekerja dengan DPRD, pemerintah daerah, media dan kelompok masyarakat marginal/rentan dan disabilitas melalui kelompok konstituen di 7 kabupaten/kota.

“Dalam pelaksanaan program, Yayasan BaKTI bekerja dengan mitra lokal yang telah membangun kemitraan dengan empat stakeholder kunci, untuk memastikan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan yang direncanakan berlangsung selama 5 sampai 8 tahun kedepan,” tandas dia.

Berita lain untuk anda

Ini Pesan Wawali Ambon Bagi ASN Saat Apel Bersama Awal Tahun

 426 total views (dibaca)  426 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Mengawali tahun kerja 2022, seluruh ASN…

Wagub Maluku: Hubungan Saya Dengan Gubernur Tetap Harmonis

 455 total views (dibaca)  455 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wakil Gubernur (Wagub) Maluku mengaku, hubungannya…

Pelupessy: Vaksin Sinovac Telah Melalui Uji Klinis

 439 total views (dibaca)  439 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, drg.…

Nyatakan Percepatan PPS, Ketua DPRD Merauke Berikan Apresiasi Kepada Sekda Papua

 473 total views (dibaca)  473 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Ketua DPRD Kabupaten Merauke Benny Latumahina…

Mesin Partai Demokrat Siap Menangkan AFU di Pilkada Raja Ampat 2020

 441 total views (dibaca)  441 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Suksesi Pilkada kabupaten Raja Ampat tahun 2020…

Simpeda ‘Yawuk Kobok’ Akomodir Wajib Pajak dari Daerah Pinggiran

 422 total views (dibaca)  422 total views (dibaca) Mariat, TN – Sektor pajak adalah salah satu sumber…

Ditpolairud Polda Maluku Gelar Upacara Tabur Bunga

 466 total views (dibaca)  466 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Jajaran Direktorat Polairud Polda Maluku menggelar…

Menuju PON Papua, Puluhan Unit Motor Cross Tiba di Merauke

 500 total views (dibaca)  500 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka bersama…

Pemkot Ternate Gelar Rakor Cegah Masuknya Varian Omicron

 452 total views (dibaca)  452 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman didampingi…

Pelatih dan Wasit Pencak Silat di Kupang Terus Dilatih

 436 total views (dibaca)  436 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KUPANG – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota…