Sekretaris Daerah kabupaten Manokwari, Drs Aljabar Makatita, M.Si. Foto istimewa/TN.

 412 total views (dibaca)

Sorong, TN- Kabar meninggalnya bupati Manokwari Papua Barat, Demas Paulus Mandacan, Senin malam (20/4) di RSAL dr Azhari Manokwari, cukup mengejutkan dan meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, kerabat serta seluruh warga masyarakat kabupaten Manokwari.

Semasa hidupnya, bupati Demas Paulus Mandacan dikenal dekat dengan bawahannya, termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Manokwari, Drs Aljabar Makatita, M.Si.

“Pesan dan kesan semasa hidupnya, bagi yang pernah  mengenalnya tentu saja membuat kenangan tersendiri. Sebab ia (bupati Demas) merupakan sosok yang sederhana dan dekat dengan bawahannya,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Manokwari, Aljabar Makatita, kepada teropongNews.com, Manokwari-Sorong via telepon selullarnya, Selasa (21/4).

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan (almarhum) saat menyerahkan dokumen DPA OPD 2019 kepada Sekda kabuoaten Manokwari, Aljabar Makatita. Foto istimewa/TN.

Sekda Aljabar meyakini, bahwa hidup itu penuh dengan rahasia, dan perjalanan hidup telah diatur oleh Tuhan yang Maha Kuasa. Sehingga tidak ada yang bisa menolaknya.

Aljabar Makatita kemudian mengisahkan. Dimata dirinya selama dua tahun menjabat jabatan Sekretaris Daerah kabupaten Manokwari dimasa kepemimpinan bupati Demas Paulus Mandacan, ia menilai bupati demas adalah orang yang bersahaja dengan siapa saja, namun tegas dan konsisten.

“Saya selama ada di lingkungan kepemimpinan beliau (bupati Demas) orangnya bersahaja dengan siapa saja, namun dia orangnya tegas dan komitmen dengan apa yang dia lakukannya,” imbuh alumni Institut Ilmu Pemerintahan (IPP) Jakarta itu.

Sekda kabupaten Manokwari, Drs Aljabar Makatita, M.Si, bersama istri tercinta, Ny Sri Mulyami. Foto istimewa/TN.

“Satu hal yang harus kita tiru dari pak Demas adalah merealisasi keinginan orang banyak, artinya paling cepat merespon permohonan warga. Itu yang selalu kita pegang dengan apa yang disampaikan oleh pak Demas. Yang paling saya ingat dari beliau dan menjadi pesan bagi kami ASN adalah melihat kepentingan orang banyak,” jelasnya.

Dikatakan, hal yang paling sering dilakukan almarhum, adalah cepat merespon informasi dari orang banyak, mulai dari kaki abu (masyarakat biasa) sekali pun. “Beliau tidak pernah sepelekan informasi dari siapa pun, termasuk dari yang orang bilang kaki abu itu. Setelah beliau dengar, langsung beliau konfirmasi, beliau ingin kita cepat respon dengan informasi dari masyarakat,” imbuh Aljabar Makatita dengan rasa sedih.

Diakuinya, rasa percaya almarhum bupati Demas Paulus Mandacan terhada Sekda sangat tinggi. “Satu hal yang mungkin tidak dimiliki oleh teman-teman Sekda yang lain, pak Demas selalu mengajak saya sebagai Sekda untuk menempatkan para pejabat eselon dua, tiga dan empat, untuk bekerja bersama beliau, beliau tidak bekerja sendiri, tetapi selalu berikan kesempatan untuk bawahan, bahkan ada pejabat eselon dua, tiga dan empat, diserahkan kepada Sekda, pak Sekda urus, gitu kata pak Demas,” cerita Sekda Aljabar.

Diceritakan, yang paling diingat dan menjadi motifasi bagi Sekda kabupaten Manokwari adalah ketika dirinya diminta untuk bekerja secara profesional sebagai seorang Sekretaris Daerah, tentunya terhadap seluru ASN yangbada di pemkab Manokwari.

Diakuinya, sosok almarhum pak Demas sebagai seorang pimpinan sangat perhatian dan penyayang terhadap orang yang dekat dengan dirinya. Dan itu sering terjadi di luar kedinasan. “Saya sering diingatkan pak bupati Demas, beliau selalu ingatkan saya (Sekda) supaya jaga kesehatan, jangan sampai sakit, itu yang paling terkesan buat saya,” imbuh Lulusan S2 Universitas Gajah Mada (UGM) itu.

Bersama dengan istri dan keluarga, serta seluruh ASN Pemkab Manokwari, Sekda Aljabar Makatita, menghaturkan Turut Berduka Cita atas meninggalnya putera terbaik kabupaten Manokwari, bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan, Selasa kemarin di RSAL dr Azhari Manokwari.

Berita lain untuk anda

Potensi Laut Maluku Akan Dimanfaatkan PD. Panca Karya Untuk Tingkatkan PAD

 436 total views (dibaca)  436 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),…

HDI Memberdayakan Perempuan untuk Pegang Kendali pada Bisnis dan Kecantikannya

 690 total views (dibaca)  690 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM – Sektor penjualan langsung (direct selling) atau social network…

Mengisi Kekosongan Jabatan 101 Kepala Daerah, Ini Kata Mendagri !

 3,764 total views (dibaca)  3,764 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Kekosongan jabatan kepala daerah, gubernur maupun bupati/wali…

Kapolda Maluku Kunjungi SPN Passo, Ini Pesannya

 390 total views (dibaca)  390 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Irjen Pol…

Mantan Wakil Presiden RI Kunjungi PMI Papua dan HMI Jayapura

 454 total views (dibaca)  454 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Mantan Wakil Presiden RI, sekaranga sebagai…

Abdul Kadir Arif: Ternate Secara Geologi Memiliki Keunikan

 433 total views (dibaca)  433 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI)…

Rebut Ketua Demokrat Kota Sorong : Jongky Fonataba punya Peluang atau Yonas Howay yang harus Berjuang

 3,162 total views (dibaca)  3,162 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Jelang pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) Dewan Pimpinan…

Karantina Pertanian Merauke Sudah Lakukan 50 Kali Pemusnahan

 481 total views (dibaca)  481 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam upaya menekan penyebaran HPHK dan…

Disdik Kota Ternate Harus Pulihkan Ekonomi Guru Honorer

 412 total views (dibaca)  412 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate didesak…

Masyarakat Ternate Diminta Bantu Pemerintah “Perangi” Covid-19

 464 total views (dibaca)  464 total views (dibaca) Ternate, TN – Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan…