Pertemuan Komisi III DPRD Provinsi Maluku bersama Deputi I Kantor Staf Presiden, Febry Calvin Tetelepta dan sejumlah kementerian secara online, di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (11/11/2021). Foto-Rudy Sopaheluwakan/TN

 846 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Anggota Komisi III DPRD Provinsi Maluku, Fauzan Husni Alkatiri mendesak Kementerian PUPR untuk mengevaluasi Kepala Balai Cipta Karya Wilayah Maluku, Abdul Halil Kastella saat rapat di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta, Kamis (11/11/2021).

Desakan ini disampaikan Alkatiri menyusul kinerja Halil Kastella yang dinilai buruk, sehingga menyebabkan banyak proyek bermasalah, khususnya di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

“Saya minta Kepala Balai Cipta Karya Wilayah Maluku dievaluasi dan diganti saja. Saya yakin pihak Cipta Karya Kementerian PUPR tidak tahu soal detail perkembangan tentang proyek-proyek Cipta Karya di Maluku,” kata Alkatiri kesal.

Menurut dia, hampir Rp 72 miliar anggaran yang berupa proyek-proyek di Kabupaten SBT. Sayangnya, proyek-proyek itu dikerjakan secara serampangan.

Dia mencontohkan, paket air bersih di Kiltai yang tidak selesai, dan kemudian diganti dengan program yang lain.

“Ada paket proyek air bersih di Kiltai yang tidak jadi, alatnya sudah ada, tetapi tiba-tiba diganti dengan program lain, proyek sudah lewat tahun anggaran tapi tetap dikerjakan,” tegas dia.

Dia meminta ada perhatian khusus terhadap anggaran-anggaran dimaksud. Maluku hari ini, kata dia, masuk dalam kategori daerah yang terpapar kemiskinan ekstrem.

Padahal, sejumlah paket padat karya dibiarkan untuk menanggulangi masalah ekonomi. Banyaknya paket padat karya, yang tidak berkolerasi dengan positif dengan pengurangan kemiskinan, malah Maluku semakin miskin.

“Ini saya sampaikan koordinasi antara pimpinan-pimpinan balai di Maluku dan Komisi III saja, sebagai lembaga yang banyak menerima aduan dari masyarakat tidak berjalan baik. Beberapa kali undang dari Komisi III kepada pimpinan-pimpinan balai, tidak pernah dihadiri secara langsung,” ungkap Alkatiri.

Menurutnya, Balai Cipta Karya saat ini menjadi ujung tombak pemerintah untuk pemulihan ekonomi.

Dikatakan, kinerja Kepala Balai Cipta Karya perlu dievaluasi, lantaran setiap Komisi III ingin berkoordinasi untuk kepentingan masyarakat tidak pernah diresponi.

Dia menyatakan, Maluku memiliki peranan penting. Namun sayangnya, nyanyian tentang peran penting dan kemerdekaan itu tidak dipakai di oleh pemerintah pusat.

“Bertahun-tahun kita bicara tapi sama saja. Saya hanya informasikan ke Pak Febry Tetelepta, bahwa di Pulau Seram masih ada sekitar 30 ribu Km yang masih terisolasi, dan setiap tahun ada korban meninggal dunia, hanya untuk mencari signal dan mengirim anaknya uang,” tandas dia.

“Di Kabupaten SBT, ada seorang ibu yang karena ombak di lautan sangat tinggi dan tidak ada jalan, sehingga bayinya tertahan di Motrai selama tiga hari. Bagi saya ini kondisi yang sangat memperhatikan,” tambah Alkatiri.

Berita lain untuk anda

Penyemprotan Disinfektan Juga Dilakukan Di Perbatasan RI-PNG Distrik Sota

 773 total views (dibaca)  773 total views (dibaca) Merauke, TN – Mengantisipasi penyebaran virus corona atau covid-19,…

Bupati dan Wabup Merauke Serahkan 500 Handphone Android ke Pelajar

 773 total views (dibaca)  773 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Bupati Merauke, Romanus Mbaraka dan Wakil…

Niat Aziz Hentihu Maju Cabup Buru Direstui Gubernur

 685 total views (dibaca)  685 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Gubernur Maluku, Murad Ismail menyatakan dukungannya,…

Saniri Empat Negeri Adat di Ambon Dilantik

 795 total views (dibaca)  795 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M.…

Kontraktor Akui Proyek Air Bersih di KKT Belum Selesai

 744 total views (dibaca)  744 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – CV. Saumlaki Mandiri yang merupakan kontraktor…

Kejar Target Produksi 2030, SKK Migas Kembali Gelar Forum Kapasitas Nasional Kedua Di Akhir Juli 2022

 482 total views (dibaca)  482 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG — Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu…

PMP Raih Paritrana Award 2021 Dari BPJS Keteanagakerjaan Papua Barat Dua Kali Berturut-turut

 521 total views (dibaca)  521 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – PT Putera Manunggal Perkasa (PMP), salah satu…

Permudah Layanan, PLN Siapkan WhatsApp Untuk Lapor Meter Mandiri

 735 total views (dibaca)  735 total views (dibaca) Jakarta, TN – Sebagai upaya mencegah penyebaran wabah Virus…

Gubernur Ingatkan Protokol Kesehatan Dijalankan secara Ketat Saat Sholat Jumat Berjamaah

 692 total views (dibaca)  692 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Ditengah Pandemi Covid-19 seperti sekarang ini,…

PTM di Ambon Dihentikan Hingga Maret

 731 total views (dibaca)  731 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menghentikan sementara…