Alfamart Bakal Buka 5 Gerai Di Kota Sorong

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) bakal membuka lima gerai/toko di kota Sorong. Hal itu disampaikan oleh Amel Pramesti, Corporate Communication Alfamart.

Amel mengatakan, pihak alfamart sudah melakukan rekrutment tenaga kerja yang akan bekerja di Toko Alfamart. Amel menjelaskan, Alfamart hadir di sebuah kota tidak hanya sekedar berbisnis, tapi kita juga ingin menggandeng masyarakat sekitar dengan memberikan benefit.

“Benefitnya yaitu salah satunya berupa bersinergi dengan pelaku UMKM lokal, kemudian mempekerjakan SDM lokal. Kebetulan pada tanggal 28 Juli 2021, kita akan membuka 5 Toko Alfamart di Kota Sorong. Kita kemarin sudah melakukan rekrutment tenaga kerja yang akan bekerja di Toko Alfamart, “ujar Amel kepada awak media, Kamis (17/6/2021).

Selain itu, pihak alfamart juga akan membuka Alfamart Class di SMKN 1 Kota Sorong. Hal tersebut bertujuan untuk mengajarkan kepada pada siswa SMKN 1 kota Sorong tentang Ilmu management ritel.

“Nanti kita ada hibah laboratorium ritel atau kini Toko disitu. Dalam hal ini, kita ingin mengajarkan kepada para siswa SMKN 1 Sorong tentang ilmu management ritel. Jadi ketika mereka lulus nanti, mereka bisa langsung bekerja tanpa tes di Alfamart, ” Jelas Amel.

Sedangkan untuk benefit selanjutnya yakni, pihak Alfamart mengajak sekitar 30 pelaku UMKM lokal di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong, yang merupakan binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Jadi bagaimana mereka harus mengemas produknya, mereka harus mengetahui apa-apa saja syarat produknya bisa masuk dan dijual di Alfamart. Kita yang bermitra tapi kita punya standar, jadi tidak sembarangan bermitra. Misalnya, packaging kurang bagus, maka akan diberikan solusi agar kemasannya diganti dan dicantumkan label halal, PIRT, gramasinya juga harus jelas dan juga komposisinya. Karena ketika orang berbelanja di Alfamart, konsumen pasti berpikir tentang standar mutu, kualitas dan packaging, “terang Amel.

Amel menjelaskan, ilmu ini yang diajarkan agar kepada para UMKM lokal tentang bagaimana mereka bisa memenuhi standar produk yang nantinya akan dijual di Alfamart .

“Produknya akan dievaluasi selama 3 bulan, kalau produknya bagus dijual maka akan dilanjutkan. Tapi kalau selama 3 bulan penjualannya jelek, maka akan diganti dengan produk yang lain. Hal seperti ini sudah berjalan di seluruh kota di Indonesia, dimana Alfamart berada. Tidak hanya itu, Alfamart juga bersinergi dengan UMKM lokal untuk berjualan didepan Toko sebagai tenand. Di kota-kota lain ada tenan didepan Toko. Mereka sebenarnya bukan membayar sewa tempat, tapi membayar listrik, air, kebersihan. Kita juga akan bersinergi dengan pedagang warung, kita ada Warung binaan yang istilahnya adalah toko klontong,”paparnya.

Ditambahkannya, Alfamart juga berkontribusi pada Pendapatan Asli daerah (PAD) melalui pembayaran retribusi dan pajak. Rencananya, Alfamart akan membuka mini depo di Jalan Basuki Rahmat KM. 10, Kelurahan Sawagumu, kelurahan Klaligi, Remu Utara, Malabutor dan Sele Be Solu.

“Nantinya akan ada di kabupaten Sorong dan Sorong selatan. Alasan kita buka di kota Sorong karena demand, dimana ada populasi masyarakat yang membutuhkan, jadi kita hadir karena masyarakat membutuhkan. Dengan adanya Alfamart ini masyarakat tidak perlu belanja sampai di Jakarta, “imbuhnya.

Sementara untuk harga, Amel mengatakan bahwa harganya akan disesuaikan dengan yang ada Jawa. “ada promo juga nanti. Untuk Sorong akan menginduk ke Sidoarjo, dimana pengiriman semua dari Sidoarjo kesini lewat kapal, ” pungkasnya.