Berita

Alat Pembuat Es Batu Dengan Cepat Hadir di Kota Sorong, Menggunakan Mesin AC

×

Alat Pembuat Es Batu Dengan Cepat Hadir di Kota Sorong, Menggunakan Mesin AC

Sebarkan artikel ini
Nelayan saat ikut mendemokan alat pembuat es dari mesin AC, bertempat di jembatan puri. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Untuk membuat hasil tangkapan ikan agar tetap segar dan bertahan lama, para nelayan tentunya membutuhkan es batu dalam jumlah besar.

Salah satu kelompok teknisi di Sorong menciptakan sebuah inovasi alat pembuat es dengan menggunakan mesin AC. Alat itu kemudian diperkenalkan kepada nelayan yang ada sekitar jembatan puri, Jumat (7/8/2020).

Menurut salah satu teknisi, Ebhy, mengatakan bahwa AC juga bisa digunakan untuk membuat es batu, yang bahkan jauh lebih efesien dan ekonomis ketimbang menggunakan kulkas atau freezer.

4559
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Ebhy menjelaskan, mesin es mini ini terdiri dari beberapa bagian utama, meliputi coolbox (kotak es) 250 liter, 1 unit AC 1 PK, tersebut dikatakannya bisa menampung 250 KG es dengan kecepatan beku sekitar 4-5 jam.

“Jadi sistem kerjanya kami gunakan AC 1 PK dengan Coolbox 250 liter, dan sistem kerjanya dalam 1 kali produksi kurang lebih 4 sampai 5 jam dengan hasil produksi 50 Kg. Inovasi ini kami buat guna membantu nelayan kecil dan pesisir, sebab ini sangat mudah untuk digunakan dimana saja yang terpenting ada arus listrik,”jelas Edhy.

Menurut Ebhy, Coolbox tersebut sangat efisien karena bisa digunakan saat melaut atau ditempatkan di pulau-pulau, asalkan mendapat aliran listril baik dari mesin genset maupun PLN.

“Ide ini muncul di masa pandemi Covid-19, namun sebenarnya saya melihat inovasi ini sudah ada di daerah jawa dan saya ingin mencobanya dii wilayah Papua atau membantu nelayan itu sendiri,”terangnya sembari menambahkan kalau ia sudah merakit sekitar 5 unit pembuat es dari mesin AC tersebut.

Ebhy menambahkan,1unit alat pembuat es itu menelan biaya material hampir 10 juta, sebab bahan yang digunakan berkualitas dan sparepart yang masih baru.

Kesempatan yang sama, kepala dinas perikanan kota Sorong, Very Meky Rudy Kambuaya, SE mengapresiasi para teknisi yang sudah menciptakan alat pembuat es. Menurut Melky alat tersebut menjawab kebutuhan nelayan tradisional dan pengepul ikan.

“Kendala di jembatan puri adalah es batu, terutama nelayan tradisional dan pengepul tuna. Karena ada pabrik es melayani jumlah yang besar dan nelayan kecil ini agak susah. Alat ini akan kita serahkan ke koperasi Nani Bili dan akan dipasarkan ke daerah pesisir dan pulau-pulau, karena disana tangkapan banyak sementara kebutuhan es kurang jadi alat ini bisa jadi solusinya daripada mereka pulang pergi ambil es batu disini tentunya banyak memakan biaya,”tutur Melky.

Melky menambahkan, bagi nelayan yang berminat memiliki mesin produksi es tersebut bisa mencicilnya di koperasi Nani Bili.