Aksi Donor Dua Hari, GP NasDem PB Hasilkan 155 Kantong Darah

Ketua DPW Partai NasDem Papua Barat Drs Dominggus Mandacan diperiksa kesehatan jelang donor darah di Kandera Coffee Manokwari, Sabtu (14/8/2021).(Foto : KENN)

TEROPONGNEWS.COM,MANOKWARI– Aksi sosial donor darah yang dilaksanakan Pemuda Siaga Pandemi BERDERMA bersama Garda Pemuda (GP) NasDem Provinsi Papua Barat berhasil memboyong 152 kantong darah.

Ratusan kantong darah ini didapat dari aksi sosial yang berlangsung selama dua hari di Kandera Coffee, Reremi Palapa, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat.

Ketua PSP BERDERMA Provinsi Papua Barat Rolando P.L. Mansawan kepada media ini mengatakan kegiatan donor darah ini sebanyak 234 orang yang screaning tetapi hanya 155 orang yang berhasil mendonorkan darahnya.

“Jadi hari pertama yang mendaftar dan discreaning 114 tapi 71 orang yang mendonor kemudian hari kedua yang screaning 120 orang tetapi yang berhasil donor 81 orang sehingga total semua screaning 234 orang yang berhasil 155 kantong darah,” kata Rolando Mansawan saat ditemui awak media usai pelaksanakan donor di Kandera Coffee Manokwari, Sabtu (14/8/2021).

Dikatakan Rolando, 152 kantong darah tersebut diserahkan langsung kepada PMI Papua Barat supaya dilakukan pemeriksaan kemudian dapat digunakan kepda masyarakat yang membutuhkannya.

Antusias masyarakat sangat besar dalam mengikuti aksi sosial donor darah ini sehingga Garda Pemuda NasDem Papua Barat akan berencana untuk kedepan melaksanakan kegiatan ini agar membantu orang-orang yang membutuhkan.

“Ini kegiatan positif dan didukung semua pihak baik dari pemerintah, ormas-ormas dan pihak-pihak lain jadi kemungkinan kedepan walaupun tidak ada instruksi dari pusat untuk membuat PSP BERDERMA lagi atau donor darah tetapi kmai berusaha membuat kegiatan ini lagi kedepan,” ujarnya.

Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Papua Barat mengpresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan Garda Pemuda NasDem dengan PSP BERDERMA ini.

“Saya apresiasi kepada garda pemuda NasDem Papua Barat bersama PSP Berderma Papua Barat yang telah melakukan aksi donor darah ini, aksi sosial ini sangat membantu selamatkan nyawa masyarakat yang membutuhkan melalui PMI Papua Barat,” kata Dominggus Mandacan saat menggelar konfrensi pers di Kandera Coffee, Manokwari, Sabtu (14/8/2021).

Didampingi Wakil ketua PMI Papua Barat Ranley H.L Mansawan,S.E dan ketua Satgas PSP BERDEMA Rolando P.L Gubernur Mandacan mengungkapkan bahwa aksi sosial ini harus diikuti semua pihak baik pemerintah, swasta maupun partai politik dalam membantu masyarakat di tengah pandemi COVID-19 ini.